Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Pencapaian Outstanding Pembiayaan pada Indonesia Eximbank Kantor Wilayah Medan
View/ Open
Date
2017Author
Tiarasti, Hari
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Sadalia, Isfenti
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia Eximbank (IEB) Kantor Wilayah Medan memberikan Pembiayaan
Ekspor Nasional salah satunya dalam bentuk Pembiayaan dalam bentuk modal kerja dan
investasi kepada eksportir UKM di wilayah Sumatera. Indikator jumlah pembiayaan yang
diberikan kepada para debitur tersebut adalah nilai outstanding pembiayaan. Pada tahun
2016 terjadi penurunan pencapaian outstanding pembiayaan. Dari target outstanding
pembiayaan sebesar Rp 1.136.606 juta hanya tercapai sekitar 88,70% atau sebesar
Rp 1.280.441 juta, sehingga realisasi outstanding pembiayaan pada tahun 2016 belum
memenuhi target outstanding pembiayaan yang diharapkan perusahaan. Hal ini
mengindikasikan kegiatan pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan yang
bertujuan meningkatkan outstanding peminjaman belum efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor bauran pemasaran yang dapat
mempengaruhi keputusan peminjaman sehingga akan berdampak terhadap pencapaian
outstanding pembiayaan di IEB. Metode analisis data yang digunakan meliputi
analisis deskriptif dan analisis kuantitatif antara lain uji F, Uji t, regresi linear
berganda dan koefisien determinasi R2. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa
ketujuh variabel bebas yaitu product, price, place, promotion, peoples, process, dan
physical evidence mempengaruhi 73,8% dari keputusan peminjaman di IEB Kanwil
Medan. Dari hasil Uji parsial (Uji-t) diketahui bahwa promotion dan process
berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan peminjaman, sementara
physical evidence berpengaruh signifikan dan negatif terhadap keputusan
peminjaman. Indonesia Eximbank (IEB) Medan Branch gives National Export Financing as
working capital and investment financing to Small and Medium Enterprises exportir in
Sumatera Region. Indicator of the amount of financing provided to debtors is the
outstanding value of financing. There was a decrease in the achievement of outstanding
financing in 2016. Target outstanding financing is IDR 1.136.606 in million but only
reached about 88.70% or equal to IDR 1.280.441in million, so that the realization of
outstanding financing in 2016 has not met the target outstanding financing IEB expected.
This indicates the marketing activities undertaken by the company that aims to increase
the outstanding financing has not been effetive yet.
This study aims to determine the marketing factors that can influence the
decision of lending so that will have an impact on the achievement of outstanding
financing in IEB. Data analysis methods used include descriptive analysis and
quantitative analysis, among others F test, t test, multiple linear regression, and
coefficient of determination R2. From the results of the study found that seven
independent variables (products, prices, places, promotions, peoples, processes, and
physical evidence) affect 73.8% of lending decision in IEB Medan Branch. From the
result of t test found that promotions and processes have significant effect to lending
decision.