Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai
View/ Open
Date
2017Author
Sianipar, Rosmeri
Advisor(s)
Bahri, Saiful
Dalimunthe, Aminah
Metadata
Show full item recordAbstract
Hospital pharmaceutical care cannot be separated from a complete health
care system in a hospital which is oriented to caring patients, providing qualified
medicines, and providing affordable clinical pharmaceutical care. The objective of
this research was to find out the level of satisfaction in BPJS (The Healthcare and
Social Security Agency) outpatients at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah,
Serdang Bedagai Regency.
The research used descriptive method with cross sectional design. The
samples were 300 respondents, taken by using purposive sampling technique. The
data were gathered by using questionnaires; they were done from March 1 until
April 1, 2017 at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah, Serdang Bedagai Regency.
The parameter for the outpatients’ level of satisfaction was reliability,
responsibility, assurance, empathy, and tangibles. The data were analyzed by
using univariate analysis and bivariate analysis with an SPSS 22 software
program, measured by comparing perception, reality, and expectation.
The result of the research showed that the level of satisfaction in BPJS
outpatients with pharmaceutical care at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah,
Sedang Bedagai Regency was the average of (75.19%) which included 72.53% of
reliability, 76.43% of responsibility, 74.42% of assurance, 75.34% of empathy,
and 77.19% of tangibles. The result of Chi-Square statistic test was (P > 0.05)
which indicated that there was no significant correlation of outpatients’
characteristics : age, gender, education, income, and occupation with outpatients’
level of satisfaction.
It could be concluded that the BPJS in Health outpatients felt satisfied with
pharmaceutical care at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah, Serdang Bedagai
Regency. Pelayanan kefarmasian rumah sakit merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang utuh yang
berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk
pelayanan farmasi kinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan
peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Sultan
Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode cross
sectional, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling terhadap
300 responden melalui pengisian kuesioner. Pengambilan data penelitian
dilakukan selama 1 bulan dari tanggal 01 Maret 2017 – 01 April 2017 di RSUD
Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Parameter tingkat
kepuasan pasien yang digunakan dalam penelitian ini adalah kehandalan,
responsibilitas, keyakinan, empati dan fasilitas berwujud. Hasil analisa data
diperoleh melalui analisa univariat dan bivariat menggunakan program SPSS 22
serta tingkat kepuasan pasien yang diukur dengan membandingkan persepsi
kenyataan dan harapan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien peserta
BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasiaan di RSUD Sultan Sulaiman Sei
Rampah Kabupaten Serdang Bedagai secara keseluruhan rata-rata (75,19%) yang
meliputi : persentase kehandalan 72,53%, responsibilitas 76,43%, keyakinan
74,42%, empati 75,34%, fasilitas berwujud 77,19%. Hasil uji statistik Chi-Square
test (P > 0,05) menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara
karakteristik pasien : usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan dan pekerjaan
dengan tingkat kepuasan pasien.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat
kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan
kefarmasian di RSUD Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai
adalah puas.
Collections
- Undergraduate Theses [1834]
