Show simple item record

dc.contributor.advisorBahri, Saiful
dc.contributor.advisorDalimunthe, Aminah
dc.contributor.authorSianipar, Rosmeri
dc.date.accessioned2018-03-28T02:00:04Z
dc.date.available2018-03-28T02:00:04Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/1399
dc.description.abstractHospital pharmaceutical care cannot be separated from a complete health care system in a hospital which is oriented to caring patients, providing qualified medicines, and providing affordable clinical pharmaceutical care. The objective of this research was to find out the level of satisfaction in BPJS (The Healthcare and Social Security Agency) outpatients at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah, Serdang Bedagai Regency. The research used descriptive method with cross sectional design. The samples were 300 respondents, taken by using purposive sampling technique. The data were gathered by using questionnaires; they were done from March 1 until April 1, 2017 at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah, Serdang Bedagai Regency. The parameter for the outpatients’ level of satisfaction was reliability, responsibility, assurance, empathy, and tangibles. The data were analyzed by using univariate analysis and bivariate analysis with an SPSS 22 software program, measured by comparing perception, reality, and expectation. The result of the research showed that the level of satisfaction in BPJS outpatients with pharmaceutical care at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah, Sedang Bedagai Regency was the average of (75.19%) which included 72.53% of reliability, 76.43% of responsibility, 74.42% of assurance, 75.34% of empathy, and 77.19% of tangibles. The result of Chi-Square statistic test was (P > 0.05) which indicated that there was no significant correlation of outpatients’ characteristics : age, gender, education, income, and occupation with outpatients’ level of satisfaction. It could be concluded that the BPJS in Health outpatients felt satisfied with pharmaceutical care at RSUD Sultan Sulaiman, Sei Rampah, Serdang Bedagai Regency.en_US
dc.description.abstractPelayanan kefarmasian rumah sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang utuh yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi kinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode cross sectional, pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling terhadap 300 responden melalui pengisian kuesioner. Pengambilan data penelitian dilakukan selama 1 bulan dari tanggal 01 Maret 2017 – 01 April 2017 di RSUD Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Parameter tingkat kepuasan pasien yang digunakan dalam penelitian ini adalah kehandalan, responsibilitas, keyakinan, empati dan fasilitas berwujud. Hasil analisa data diperoleh melalui analisa univariat dan bivariat menggunakan program SPSS 22 serta tingkat kepuasan pasien yang diukur dengan membandingkan persepsi kenyataan dan harapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasiaan di RSUD Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai secara keseluruhan rata-rata (75,19%) yang meliputi : persentase kehandalan 72,53%, responsibilitas 76,43%, keyakinan 74,42%, empati 75,34%, fasilitas berwujud 77,19%. Hasil uji statistik Chi-Square test (P > 0,05) menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik pasien : usia, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan dan pekerjaan dengan tingkat kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai adalah puas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPatients’ Level of Satisfactionen_US
dc.subjectPharmaceutical Careen_US
dc.subjectBPJS Patientsen_US
dc.subjectRSUD Sultan Sulaimanen_US
dc.subjectSei Rampahen_US
dc.subjectSerdang Bedagai Regencyen_US
dc.titleTingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Sultan Sulaiman Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagaien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM151524022en_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record