• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecenderungan Masyarakat Terhadap Produk Asuransi Kerugian (Studi Kasus pada AIG Insurance Cabang Medan)

    View/Open
    Fulltext (2.067Mb)
    Date
    2015
    Author
    Tanadi, Andi
    Advisor(s)
    Sitompul, Darwin
    Muluk, Chairul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagai salah satu negara dengan laju pertumbuhan yang tinggi serta jumlah populasi hampir mencapai 240 juta orang, maka Indonesia menawarkan potensi besar untuk berbagai perusahaan yang melayani konsumen termasuk juga industri jasa seperti asuransi kerugian. Pangsa pasar asuransi Indonesia masih sangat luas, dimana total penetrasi asuransi di Indonesia hanya sekitar 1,77 persen dari total PDB. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan Singapura yang mencapai 6,03 persen dan 4,8 persen di Malaysia. Melihat kesempatan dan peluang yang ada, maka perusahaan jasa dalam industri asuransi kerugian harus mampu membuat strategi yang tepat untuk bisa unggul di dalam persaingan merebut pasar. Penerapan strategi yang tepat menjadi faktor yang penting dan menentukan keberhasilan dalam persaingan di industri ini. AIG Insurance cabang Medan sebagai salah satu perusahaan penyedia asuransi kerugian membuat kebijakan strategi menaikkan tarif harga premi asuransi kenderaan bermotor pada tahun 2009, yang kemudian diikuti terjadinya penurunan jumlah nasabah dan penerimaan premi dari tahun ke tahun setelahnya. Hal ini menunjukkan adanya indikasi penerapan kebijakan strategi yang tidak tepat pada tahun 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kebijakan menaikkan tarif harga premi saat itu, mempengaruhi turunnya jumlah nasabah dan penerimaan premi sebagai indikasi turunnya minat dan kecenderungan masyarakat untuk membeli asuransi. Dan kemudian menemukan seberapa besar pengaruh faktor harga/tarif premi terhadap penurunan minat dan kecenderungan nasabah untuk membeli asuransi kerugian. Faktor-faktor yang digunakan adalah unsur bauran pemasaran jasa (marketing mix) 7P , yaitu : Produk (Product), Harga (Price), Saluran Distribusi (Place), Promosi (Promosi), Partisipan/Orang (People), Process (Process), dan Lingkungan Fisik (Physical Evidence). Metode pengumpulan data melalui sumber data primer yaitu dengan menggunakan kuesioner sebagai intrumen serta data sekunder yaitu buku literature, jurnal, serta publikasi data resmi. Metode analisa dengan menggunakan analisa regresi linear berganda, dimana perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur Harga (Price) merupakan unsur yang paling dominan berpengaruh terhadap kecenderungan masyarakat dalam membeli asuransi kerugian. Selanjutnya faktor Proses (Process) dan Partisipan (People) juga dominan mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah dan peningkatan penerimaan premi asuransi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa faktor Saluran Distribusi (Place) dan faktor Produk (Product) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kecenderungan masyarakat untuk membeli asuransi.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14207
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV