Analisis Pengaruh Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di RSU Prof. Dr Boloni Medan
View/ Open
Date
2015Author
Napitupulu, Simon Kumara Varianto
Advisor(s)
Nazaruddin
Sutarman
Metadata
Show full item recordAbstract
Masalah yang terjadi di RSU Prof. Dr. Boloni Medan pada penelitian
yakni adanya beberapa perawat yang kurang ramah terhadap pasien serta kurang
sabar dalam menghadapi pasien dan keluarganya, kondisi kinerja yang kurang
baik ini menyebabkan kepuasan pasien menjadi menurun. Kinerja seorang pekerja
atau karyawan dapat diukur dari lima aspek yakni kualitas, kuantitas, ketepatan
waktu, efektivitas dan kemandirian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dan teknik
pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien rawat inap sebanyak
79,9% dipengaruhi oleh kelima variabel independen pada penelitian ini. Variabel
yang memberikan pengaruh paling dominan adalah variabel Efektivitas dengan
nilai koefisien terbesar yakni 0,332 sedangkan faktor yang paling kecil
pengaruhnya terhadap kepuasan pasien adalah ketepatan waktu.