Kuasa Bahasa dan Kesantunan Dai dalam Berdakwah di Kota Medan
View/ Open
Date
2019Author
Zulfan
Advisor(s)
Sinar, T. Silvana
Setia, Eddy
Mulyadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan realisasi ilokusi dai ketika
berdakwah dengan strategi kesantunan dai yang didasarkan pada keasimetrisan
status sosial antara dai dengan petuturnya. Digunakannnya diksi-diksi ideologis
oleh dai, berimplikasi pada penaturalisasian ideologi tertentu. Berdasarkan hal itu,
penelitian ini bertujuan untuk menganalisis klasifikasi dan jenis ilokusi dai,
strategi kesantunan dai, reprsentasi ideologi dai, dan faktor yang memengaruhi
berbahasa dai. Metode penelitian ini berparadigma fenomenologi dengan
memanfataatkan analisis wacana pragmatik kritis. Data penelitian ini adalah
tuturan dai yang berupa kata, frasa dan kalimat ketika berdakwah di Kota Medan.
Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode simak dan metode cakap. Data
yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode padan
dan metode agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi ilokusi yang
digunakan dai adalah ilokusi asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Ilokusi asertif
terdiri atas tipe memberitahukan, menjelaskan, menegaskan, memprediksi,
menyangkal, menyimpulkan, mengkisahkan, dan menentukan. Ilokusi direktif
terdiri atas tipe menyuruh, memohon, melarang, menasihati, memperingatkan,
mengajak, mempersilakan, membolehkan dan menanyakan. Ilokusi komisif terdiri
atas tipe berjanji dan bersumpah. Ilokusi ekspresif terdiri atas tipe mendoakan,
menyesal, memuji, menyindir, bersyukur dan menghormati. Jenis tindak tutur
yang digunakan dai adalah tindak tutur langsung literal, tidak langsung literal, dan
tidak langsung tidak literal. Strategi kesantunan yang digunakan dai dalam
berdakwah di kota Medan, antara lain strategi menambahi nilai keinginan untuk
lain, strategi mengurangi nilai keinginan untuk diri, strategi menambahi nilai
kualitas untuk lain, strategi mengurangi nilai kualitas untuk diri, strategi
menambahi nilai kewajiban dari diri untuk lain, straregi menambahi nilai opini
untuk lain, strategi mengurangi nilai untuk lain. Berdasarkan kata-kata
ideologisnya, dalam dakwahnya, dai merepresentasikan ideologi anti-kapitalisme,
nasionalisme, revivalisme, dan anti-wahabisme. Ideologi anti-kapitalisme,
nasionalisme dikonstruksi dai dengan kata jihad. Ideologi revivalisme
dikonstruksi dai dengan kata ukhuwah. Ideologi anti-wahabisme dikontruksi dai
dengan kata Asy‟ariyyah dan Syafi‟iyyah. Kesimpulan penelitian ini bahwa
ideologi bukanlah satu-satunya sistem yang memengaruhi dai merealisasikan
tuturannya dengan berbagai diksi ideologis. Lebih dari itu, dai juga
merepresentasikan sistem Ihsān yang merupakan bagian dari konsep Dīnun yang
terdapat pada konteks dakwah Islam. This research is motivated by the correlation of illocution realization of
Dai when they preached with dai politeness strategies that are based on the
asymmetry of the social status between the dai and the addressee. The ideological
diction used by Dai havesome implications for the naturalization of certain
ideologies. Hence, this research aims to analyze and find the patterns of
illocutionary, realization and politeness strategies, representation of ideology, and
the factor that affect dai‟s language.The method of this research is fenomenology
paradigm by utilizing critical pragmatic discourse analysis. The data of this
research was speech of the Dai in the form of words, phrases, and sentences when
they are preaching in Medan. The data of this study were collected by referring
and proficient methods. The data that has been collected is then analyzed using
the contextual method and the distribution method.The result of this research
shows that the ilocution classification type used by dai are assertive ilocution,
directive, commisive, and expression. The assertive ilocution consists of notifying,
explaining, affirming, predicting, denying, concluding, narrating, and
determining types.The directive illocution consists oforder, begging, prohibit,
advise, warning, invite, allowing and asking types.The commissive illocution
consists of promising and swearing types. And the expressive illocution consists
of praying, regretting, praise, sarcasm, gratitude and respect types. The type of
speech act used by dai is a literal direct speech act, literal indirect speech acts, and
non literal indirect speech acts. The politeness strategies used by Dai when they
preaching in Medan including the strategies to add the value to other desires, the
strategies to reduce the value of self desire, the strategies to add value to quality
for others, the strategies to reduce the value of quality for self, the strategies to
add value to one's obligations for others, the strategy to adds value opinion for
others, and the strategies to reduce value for others. Based on dai‟s ideological
words in their da'wah, they reconstructing the ideology of anti-capitalism,
nationalism, revivalism, and anti-wahabism. The ideology of anti-capitalism,
nationalism, constructed with the word of jihad. The revivalist ideology is
constructed from the word ukhuwah. Meanwhile, the anti-wahabism ideology
constructed with the words of Ash'ariyyah and Syafi'iyyah. The conclusion of this
research shows that the ideology was not the only system that influenced of the
realization of dai‟s speech acts within various ideological diction. Moreover, dai
also represented as Ihsān which is part of the Dīnun concept that only found in the
context of Islamic da'wah.