• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Communication Science
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Kecerdasan Interpersonal antara Siswa MAN 1 Medan yang Ikut dan yang Tidak Ikut Kegiatan Pramuka

    View/Open
    Fulltext (907.7Kb)
    Date
    2009
    Author
    Damanik, Zuraidah
    Advisor(s)
    Anggaraeni, Filia Dina
    Minauli, Irna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan interpersonal antara siswa yang ikut dan yang tidak ikut kegiatan Pramuka. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk mampu membangun suatu hubungan dengan orang lain, berkomunikasi/berinteraksi secara efektif dengan orang lain, serta kemampuan memahami perasaan (sisi psikologis) orang lain. Menurut Gardner (1983), perbedaan kecerdasan interpersonal pada setiap individu dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu: pengalaman, latar belakang budaya dan jenis kelamin. Menurut Ansari (2004) salah satu kegiatan remaja di sekolah yang memberikan bekal tambahan pengalaman adalah kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya Pramuka. Kegiatan yang ditawarkan Pramuka bermanfaat untuk melatih keterampilan pada peserta didiknya terutama keterampilan bersosialisasi dan bermasyarakat. Hal ini sejalan dengan misi kegiatan pramuka yaitu menggerakkan pramuka atau organisasi gerakan pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan (Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2005). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 120 orang berusia 16-18 tahun. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kecerdasan interpersonal yang disusun dari dimensi kecerdasan interpersonal yang dikemukakan oleh Gardner (dalam Safaria, 2005) yaitu social insight, social sensitivity, dan social communication. Hasil uji coba terhadap alat ukur menunjukkan reliabilitas sebesar 0,916 dengan koefisien korelasi aitem total berkisar antara 0,311 sampai 0,593. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan perhitungan statistik independent sample t-test. Skor t-test yang diperoleh (t= 4,080, p=0,000), nilai signifikansi (p=0,000) lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Nilai mean siswa yang ikut Pramuka adalah 112,0000 dan yang tidak ikut Pramuka 97,1222. Hal ini berarti terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal antara siswa MAN 1 Medan yang ikut dan yang tidak ikut kegiatan Pramuka dimana kecerdasan interpersonal siswa yang ikut kegiatan Pramuka lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak ikut kegiatan Pramuka.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14457
    Collections
    • Master Theses [357]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV