Show simple item record

dc.contributor.advisorAnggaraeni, Filia Dina
dc.contributor.advisorMinauli, Irna
dc.contributor.authorDamanik, Zuraidah
dc.date.accessioned2019-05-20T06:25:54Z
dc.date.available2019-05-20T06:25:54Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14457
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan interpersonal antara siswa yang ikut dan yang tidak ikut kegiatan Pramuka. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk mampu membangun suatu hubungan dengan orang lain, berkomunikasi/berinteraksi secara efektif dengan orang lain, serta kemampuan memahami perasaan (sisi psikologis) orang lain. Menurut Gardner (1983), perbedaan kecerdasan interpersonal pada setiap individu dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu: pengalaman, latar belakang budaya dan jenis kelamin. Menurut Ansari (2004) salah satu kegiatan remaja di sekolah yang memberikan bekal tambahan pengalaman adalah kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya Pramuka. Kegiatan yang ditawarkan Pramuka bermanfaat untuk melatih keterampilan pada peserta didiknya terutama keterampilan bersosialisasi dan bermasyarakat. Hal ini sejalan dengan misi kegiatan pramuka yaitu menggerakkan pramuka atau organisasi gerakan pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan (Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 2005). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 120 orang berusia 16-18 tahun. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala kecerdasan interpersonal yang disusun dari dimensi kecerdasan interpersonal yang dikemukakan oleh Gardner (dalam Safaria, 2005) yaitu social insight, social sensitivity, dan social communication. Hasil uji coba terhadap alat ukur menunjukkan reliabilitas sebesar 0,916 dengan koefisien korelasi aitem total berkisar antara 0,311 sampai 0,593. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan perhitungan statistik independent sample t-test. Skor t-test yang diperoleh (t= 4,080, p=0,000), nilai signifikansi (p=0,000) lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Nilai mean siswa yang ikut Pramuka adalah 112,0000 dan yang tidak ikut Pramuka 97,1222. Hal ini berarti terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal antara siswa MAN 1 Medan yang ikut dan yang tidak ikut kegiatan Pramuka dimana kecerdasan interpersonal siswa yang ikut kegiatan Pramuka lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak ikut kegiatan Pramuka.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKecerdasan Interpersonalen_US
dc.subjectKegiatan Pramukaen_US
dc.titlePerbedaan Kecerdasan Interpersonal antara Siswa MAN 1 Medan yang Ikut dan yang Tidak Ikut Kegiatan Pramukaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM041301035
dc.description.pages91 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record