• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pedagang Minuman Keliling (Studi Antropologi Tentang Sistem Patron Klien Pedagang Es Dawet Ayu Banjarnegara di Kota Medan)

    View/Open
    Fulltext (2.244Mb)
    Date
    2009
    Author
    Sagala, Rika Dewi Sari
    Advisor(s)
    Tambunan, Rytha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan, observasi, dan wawancara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola hubungan patron klien antara toke dengan pedagang es dawet, untuk mendeskripsikan sistem kontrak kerja, menjelaskan sistem permodalan, dan menjelaskan sistem upah dalam usaha tersebut. Hasil wawancara dengan para informan baik itu toke maupun para pedagang minuman es dawet keliling diketahui adanya pola hubungan patron klien antara toke dengan pedagang minuman es dawet. Hubungan patron klien antara toke dengan pedagang minuman es dawet ini adalah hubungan yang tumpang tindih. Hubungan yang bermotif ekonomi, dan hubungan sosial seperti; kekerabatan, dan hubungan satu kampung. Tujuan menjalin kerja sama ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masing-masing pihak. Hubungan yang terjadi adalah hubungan antara pelindung dan yang dilindungi, toke menjadi pelindung sedangkan pedagang es dawet sebagai yang dilindungi. Jika dilihat dari segi ekonomi, hubungan ini memang saling menguntungkan. Namun, kenyataannya pihak yang paling diuntungkan adalah toke (patron) dan bukan si pedagang minuman es dawet keliling (klien). Dalam menjalankan hubungan ini ada kesepakatan-kesepakatan antara kedua belah pihak, kesepakatan yang dibuat sifatnya tidak tertulis, prinsip rasa saling percaya menjadi pegangan utama bagi kedua belah pihak. Adapun bentuk balas jasa yang diberikan oleh pedagang kepada toke adalah menjadi anggota toke untuk menjajakan es dawet (sebagai penjual es dawet). Anggota hanya sebagai penjual es dawet tersebut, namun untuk semua permodalan ditanggung sepenuhnya oleh toke. Gaji anggota nantinya akan diserahkan ketika mereka telah sampai di kampung halaman. Ketergantungan pedagang dengan toke terlihat semakin kuat karena pedagang tetap menjadi klien toke, dan tidak dapat menjalin hubungan dengan orang lain. Sedangkan sanksi yang harus diterima oleh pedagang jika melanggar kesepakatan adalah , pedagang (anggota) harus mengganti rugi biaya pesawat yang telah dikeluarkan oleh toke ketika keberangkatan ke Medan, dan biaya pesawat pulangnya harus mereka tanggung sendiri.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14567
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV