Show simple item record

dc.contributor.advisorTakari, Muhammad
dc.contributor.advisorFadlin
dc.contributor.authorYosua, Martin
dc.date.accessioned2019-05-22T02:20:38Z
dc.date.available2019-05-22T02:20:38Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14597
dc.description.abstractSkripsi sarjana ini berjudul “Analisis Teknik Permainan Biola Melayu oleh Bapak Mahyu Danil di Taman Budaya Medan.” Musik Melayu adalah musik tradisional yang khas di Wilayah Sumatera yang juga sudah menjadi identitas kental masyarakat khususnya Wilayah Sumatera Utara yang mana pada awal perkembangannya salah satu alat musik yang berperan penting didalam membentuk Melodi pada musik Melayu ialah Biola. Permainan Biola Melayu yang digunakan pada Musik Melayu sendiri memiliki struktur musikal yang ditandai dengan adanya Cengkok dan Grenek pada setiap alunannya yang mana Cengkok dan Grenek sendiri disebut sebagai identitas dari Permainan Musik Biola Melayu saat permainan biola Melayu tersebut dimainkan. Di dalam Permainan Biola Melayu yang dimainkan Oleh Bapak Mahyu Danil, penulis akan menganalisis bagaimana teknik permainan biola Melayu itu sehingga membentuk susunan nada yang harmonis dan melodis, penulis juga akan mengamati setiap teknikal yang dimainkan meliputi cengkok dan grenek serta menganalisis dan menuliskannya kedalam bentuk transkripsi notasi. Di dalam tulisan ini, penulis akan mengkaji Teknik memainkan Biola Melayu yang dimainkan Oleh Bapak Mahyu Danil dengan berlandaskan pada teori Khasima Shusumu dan mendeskripsikan alat musik biola dalam pendekatan struktural serta mendeskripsikan teknik memainkannya secara fungsional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif seperti yang dikemukakan oleh Allan P Merriam dalam Bukunya “The Anthropology of Music” yang dalam proses kerjanya penulis akan melakukan studi pustaka, studi lapangan meliputi observasi,wawancara serta melakukan perekaman dan melakukan analisa untuk menuliskan laporan akhir. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Mahyu Danil dikenal sebagai pemain biola berawal dari Taman Budaya Sumatera Utara. Secara teknis, Mahyu Danil menggunakan teknik-teknik bermain biola yang terdapat dalam budaya musik melayu, yakni: cengkok, gerenek, dan patah lagu, yang disertai dengan gaya dan tafsirannya sendiri terhadap keindahan melodi yang akan dihasilkan. Selain itu beliau juga menggunakan teknik-teknik bermain biola dari budaya musik Barat, seperti trill dan appogiatura. Dengan demikian, Mahyu Danilen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectBiola Melayuen_US
dc.subjectCengkoken_US
dc.subjectGreneken_US
dc.subjectPatah Laguen_US
dc.titleAnalisis Teknik Permainan Biola Melayu oleh Bapak Mahyu Danil di Taman Budaya Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM150707026
dc.description.pages152 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record