Pengaruh Word Of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Zara di Sun Plaza Medan
View/ Open
Date
2017Author
Purba, Fitri
Advisor(s)
Sembiring, Beby Karina Fawzeea
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh
Pemasaran dari mulut ke mulut (Word of Mouth) dan citra merek terhadap
keputusan pembelian konsumen pada toko Zara di Sun Plaza Medan.Penelitian ini
termasuk penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen toko
Zara yang telah melakukan pembelian di Sun Plaza Medan. Jumlah responden
penelitian ditetapkan sebanyak 97 responden dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling,. Kriteria sampel
dalam penelitian ini adalah konsumen toko Zara di Sun Plaza Medan yang sudah
pernah melakukan transaksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer dan data sekunder. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis
regresi linear berganda, dengan variabel bebas, yaitu word of mouth dan citra
merek dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Hasil penelitian
menunjukkan secara simultan word of mouth dan citra merek berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji parsial
menunjukkan bahwa variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan,
dan variabel keputusan pembelian, variabel citra merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Zara di Sun Plaza
Medan. Hasil pengujian koefisien determinasi ( ) adalah sebesar 22.2 %,
keputusan pembelian konsumen pada toko Zara di Sun Plaza Medan dapat
dijelaskan oleh word of mouth dan citra merek. Sedangkan sisanya 77.8% dapat
dijelaskan oleh faktor–faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. This research aim is to analyse the effect of word of mouth and brand image to
purchase decision of the costumer of Zara in Sun Plaza Medan. This research
includes asosiatif research The data used in this research are primary and
secondary data. Population in this research are all of Zara’s consumer who had
purchase . The samples were 97 respondents, taken by using accidental sampling
technique with the criteria of the Zara’s consumer who had done purchase.
Hypothesis testing done by using multiple linear regression analysis, the
independent variable is word of mouth and brand image, and the dependent
variable is purchase decision. The result showed that implementation based on on
simultaneous test of word of mouth and brand image have positive and
significant influence on purchase decision of the consumer of Zara in Sun Plaza
Medan. On Partial test showed variable word of mouth influence positive and
significant, and brand image influence positive and significant on purchase
decision of the consumer of Zara in Sun Plaza Medan. Coefficient test of a
determinant ( ) are mean 22.2% of the dependen variable is purchase decision
of the consumer of Zara in Sun Plaza Medan can be explained by word of mouth
and brand image, and 77.8% remainder explained by other facto