Pengaruh Kampanye Politik Pasangan Mursil-Tengku Insyafuddin Terhadap Perilaku Pemilih pada Pilkada Aceh Tamiang Tahun 2017
View/ Open
Date
2019Author
Fakhri, Azwanil
Advisor(s)
Harahap, Hendra
Pohan, Syafruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Kajian mengenai pengaruh kampanye politik terhadap perilaku pemilih sejauh
ini masih jarang dilakukan dalam konteks Pemilu Kepala Daerah di Aceh.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kampanye politik Pasangan
Mursil-Tengku Insyafuddin terhadap perilaku pemilih pada Pilkada Aceh Tamiang
Tahun 2017. Peneliti menggunakan metode korelasional untuk menganalisis
temuan hasil survei yang telah dilakukan kepada 400 orang responden terpilih.
Uji hipotesis dianalisis menggunakan rumus regresi berganda dan rumus koefisien
korelasi Spearman dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows 24.0.
Hasil penelitian menemukan variabel kampanye politik berpengaruh terhadap
perilaku pemilih. Berdasarkan interpretasi nilai Guilford, hasil uji koefisien
korelasi antar variabel juga menemukan nilai keeratan hubungan antar variabel
berada di rentang rendah sampai dengan sedang dengan tingkat hubungan yang
signifikan. Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis yang diajukan bahwa
kampanye politik berpengaruh terhadap perilaku pemilih. The influence of campaign, especially in the Aceh Tamiang Pilkada (Election of
the Regional Heads) in 2017, on voters’ behavior has not been seriously studied
so far. The objective of this study was to analyze the influence of the political
campaign of Mursil and his running mate, Tengku Insyafuddin, on the voters’
behavior at the Aceh Tamiang Pilkada. The samples were 400 respondents, taken
by using correlation approach. The hypothesis was tested by using multiple
regression formulas and Spearman correlation coefficient with SPSS for Windows
24.0 software. The result of the research showed that the variable of political
campaign had the influence on voters’ behavior. Based on the interpretation of
Guillford value, the result of correlation coefficient among the variables showed
that the value of close correlation among the variables was in the lowest until the
medium range with the significant level of correlation which indicated that the
political campaign had the influence on voters’ behavior.
Collections
- Master Theses [358]