Pengaruh Asosiasi Merek dan Persepsi Kualitas Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Benih Kelapa Sawit
View/ Open
Date
2019Author
Koto, Irma Zulhana
Advisor(s)
Sadalia, Isfenti
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
Kelapa sawit merupakan komiditi strategis dalam perekonomian nasional
Indonesia. Kondisi industri perbenihan kelapa sawit di Indonesia terus mengalami
perubahan yang diakibatkan dengan bertambahnya produsen benih domestik baru
sehingga mempengaruhi perilaku konsumen dan arah strategi perusahaan. PPKS
sendiri sebagai salah satu produsen benih kelapa sawit Indonesia mengalami
dampak dari perubahan yang terjadi baik dari ketidakstabilan harga CPO,
moratorium, regulasi, meningkatnya persaingan dan pergeseran era ekonomi.
Dalam era distrupsi saat ini, PPKS harus bergerak cepat, tepat dan tanggap untuk
bertahan dari persaingan yang semakin kompetitif. Pada saat ini, kondisi
persaingan semakin ketat sehingga manajemen PPKS menyadari untuk
mengeksploitasi aset berupa merek yang dimiliki untuk memaksmalkan kinerja
perusahaan. Pasar yang paling potensial untuk dieksploitasi adalah pasar
perkebunan rakyat. Untuk memperkaya strategi PPKS tepat sasaran diperlukan
strategi-strategi khusus yang langsung menyentuh benak konsumen yang
dihasilkan berdasarkan informasi terbaru dari perilaku konsumen. Penelitian
dilakukan pada segmen perkebunan rakyat sebagai populasinya. Sampel
responden sebanyak 99 (sembilan puluh sembilan) petani kelapa sawit. Dengan
menerapkan Partial Least Squares - Structural Equation Model (PLS-SEM)
dengan alat SmartPLS V3.2.8 diperoleh kesimpulan hasil penelitian bahwa
terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara asosiasi merek PPKS
terhadap keputusan pembelian ulang benih kelapa sawit. Terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara persepsi kualitas PPKS terhadap keputusan
pembelian ulang benih kelapa sawit, kepuasan pelanggan PPKS terhadap
keputusan pembelian ulang benih kelapa sawit, asosiasi merek PPKS terhadap
kepuasan pelanggan PPKS, dan persepsi kualitas PPKS terhadap kepuasan
pelanggan PPKS. Serta menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara
asosiasi merek PPKS dan persepsi kualitas PPKS terhadap keputusan pembelian
ulang benih kelapa sawit melalui kepuasan pelanggan PPKS.