Integrasi Internal dan Eksternal, Barriers to Integration Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran
View/ Open
Date
2019Author
Pujangkoro, Sugiharto
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Nasution, Harmaein
Napitupulu, Humala
Metadata
Show full item recordAbstract
Omzet dan tingkat keuntungan serta kepuasan pelanggan adalah tujuan perusahaan
sebagai bagian dari kinerja pemasaran, seberapa besar omzet, tingkat keuntungan dan
kepuasan pelanggan yang dapat dicapai sangat bergantung kepada inovasi dan integrasi
yang terjadi. Permasalahan yang timbul adalah apakah integrasi yang terjadi pada
perusahaan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Umumnya hasil penelitian
terdahulu menyatakan bahwa integrasi dapat meningkatkan kinerja. Namun, para
peneliti mendefinisikan integrasi dengan pengertian dan definisi yang berbeda beda.
Penelitian ini dilakukan untuk melengkapi penelitian sebelumnya yaitu dengan terlebih
dahulu menetapkan definisi integrasi sebagai dasar penelitian ini dilakukan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh integrasi internal dan
eksternal pada perusahaan terhadap kinerja pemasaran. Objek penelitian adalah
perusahaan pengembang perumahan angota Real Estate Indonesia (REI) yang berdomisili
di Medan. Variabel yang diteliti adalah integrasi pemasaran dengan desain, desain
dengan konstruksi, pemasaran dengan konstruksi, pemasaran dengan pelanggan,
desain dengan pemasok, konstruksi dengan pemasok dan barriers to integration
pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran. Metode pengambilan sampel ditetapkan
dengan metode probability sampling. Populasi penelitian merupakan perusahaan anggota
REI sebanyak 260 perusahaan. Sampel yang terpilih 61 perusahaan anggota REI di
Medan dengan jumlah responden sebanyak 486. Data yang diperoleh di analisis dengan
menggunakan Metode SEM dengan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa integrasi yang memberi pengaruh positif
terhadap kinerja pemasaran adalah; integrasi pemasaran dan desain, integrasi
konstruksi dan pemasok, integrasi pemasaran dan pelanggan, integrasi desain dan
konstruksi dan integrasi pemasaran dan konstruksi. Sedangkan yang memberi pengaruh
negatif terhadap kinerja pemasaran adalah barriers to integration konstruksi dan
pemasok. Integrasi external yaitu integrasi konstruksi dan pemasok serta integrasi
pemasaran dan pelanggan, langsung atau tidak langsung memberi pengaruh positif
terhadap kinerja pemasaran. Elemen integrasi komunikasi, koordinasi, interaksi dan
kolaborasi merupakan elemen-elemen yang saling melengkapi dalam proses integrasi
sehingga integrasi dapat terjadi. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk penelitian
integrasi selanjutnya karena definisi integrasi pada penelitian ini dapat melengkapi
definisi integrasi berbagai penelitian terdahulu, sedang untuk implikasi praktis dapat
digunakan sebagai pedoman melaksanakan integrasi bagi perusahaan yang akan
menerapkan pada perusahaannya. Turnover, profit and customer satisfaction are company’s goals as a part of
marketing performance, company’s turnover, profit levels and customer satisfaction
greatly depend on both innovation and integration. The problem occurred is whether
the company’s integration may improve their marketing performance. Previous studies
stated that integration can improve performance. However, the researchers defined
integration with different meanings and definitions. This research was conducted to
complete previous research, started by defining the definition of integration as the basic
of this research.
The aim of this study was to determine the effect of company’s internal and external
integration to marketing performance. The object of this research is a residential
development company, member of Real Estate Indonesia (REI) based in Medan. The
variables of this study are the integration of marketing with design, design with
construction, marketing with construction, marketing with customers, design with
suppliers, construction with suppliers and barriers to integration, and their effects on
marketing performance. The population sampling conducted by probability sampling
method. The research population is REI’s members as many as 260 companies. The
selected sample was 61 REI’s member companies in Medan which consist of 486
respondents. The data obtained was analyzed by using the SEM method with SmartPLS
3.0 software.
The results of the study stated that integration elements that have a positive
influence on marketing performance were: marketing and design integration,
construction and supplier integration, marketing and customer integration, design and
construction integration and marketing and construction integration. While the others
elements that gave negative influence on marketing performance consist of: barriers to
integration of construction and suppliers. External integration, namely construction and
supplier integration and marketing and customer integration, both directly and
indirectly has a positive influence on marketing performance. Elements of the
integration of communication, coordination, interaction and collaboration are
complementary elements in this integration process. This study contributes to further
integration research by completing the definition of integration from previous studies,
while for practical implications it can be used as a guidance for implementing
integration for companies.