Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Subsektor Industri Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016
View/ Open
Date
2017Author
Maulinda, Venny
Advisor(s)
Muda, Iskandar
Badaruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
This study aimed to determine and analyze the factors affecting the value of firm in the sector of textile and garment industry listed in the Indonesia Stock Exchange in 2014-2016. The independent variables in the study were the Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure, leverage, firm size and profitability. The dependent variable was the value of firm. This reasearch used causal associative method. The population of this research is 18 companies of textile and garment. The sampling technique used by using purposive sampling and 39 observations (13 companies x 3 years). The data analysis method was the panel regression analysis using the Eviews program. The resulst of data analysis showed that partially, the variable leverage and firm size have an negatife effect on the value of firm but variable CSR disclosure and profitability does not have an effect on value of firm. Simultaneously CSR disclourse, leverage, firm size and profitability simultaneously have an positife effect on the value of firm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan subsektor industri tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Sedangkan variabel dependen adalah nilai perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini sebanyak 18 perusahaan yang merupakan perusahaan tekstil dan garmen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan dengan jumlah observasi 39 (13 perusahaan x 3 tahun). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi panel dengan program Eviews. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial, leverage (DER) dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan pengungkapan CSR dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, pengungkapan CSR, leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Collections
- Master Theses [1362]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Perbandingan Kinerja Perusahaan dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang Menerapkan Esop dengan Perusahaan yang tidak Menerapkan Esop pada Perusahaan Go-Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018
Saragih, Ruth Betani (Universitas Sumatera Utara, 2022)The purpose of this research is to compare the company's performance andzz company’s value in companies that apply ESOP with companies that don’t apply ESOP in the non-financial sector listed on the Indonesia Stock ... -
Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016
Andini, Ayu (2018)This study aims to determine the effect of capital structure, corporate growth, firm size and profitability to the value of the company on manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2012-2016. The ... -
Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013- 2015
Aulina, Nadya (Universitas Sumatera Utara, 2018)This study aims to examine the effect of profitability, firm growth, and firm size to firm value in banking companies listed in Indonesia Stock Exchange. Profitability is indicated by Return On Asset (ROA), the firm ...