Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Organizational Citizenship Behaviors pada Karyawan PT JNE Cabang Medan
View/ Open
Date
2019Author
Amaliah, Riri
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Wibowo, Rulianda Purnomo
Metadata
Show full item recordAbstract
PT JNE sebagai sebuah organisasi membutuhkaan sumber daya manusia
yang terus berkembang dalam upayanya memenuhi permintaan akan layanan
pengiriman barang yang terus meningkat. Sehubungan dengan itu, sebagai anggota
organisasi penting untuk menganalisis perilaku warga organisasi karyawan karena
Organizational Citizenship Behaviors atau yang disingkat (OCB) secara signifikan
berkontribusi pada keberhasilan perusahaan dalam meningkatkan produktivitas
rekan kerja dan manajer. Secara teoritis, OCB dipengaruhi oleh beberapa faktor
termasuk perilaku kepemimpinan, karakteristik tugas dan konteks budaya. OCB
yang rendah dapat menjadi salah satu kendala dalam meningkatkan produktivitas
JNE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh faktor OCB
dalam meningkatkan kinerja karyawan dan memperoleh kebijakan atau strategi
untuk meningkatkan OCB karyawan yang perlu diimplementasikan terutama dalam
meningkatkan kinerja karyawan. Dalam penelitian ini, pendekatan kuantitatif
dengan melibatkan 155 karyawan JNE di bagian kurir. Teknik analisis data yang
digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
OCB dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut, yaitu perilaku kepemimpinan,
karakteristik tugas dan konteks budaya. Perilaku kepemimpinan, karakteristik
tugas, dan konteks budaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
perilaku warga organisasi dari karyawan PT JNE. Implikasi dari penelitian ini dapat
membantu perusahaan untuk meningkatkan OCB dengan menerapkan program
pelatihan kerja dan pelatihan kerja sama dan kebijakan untuk menciptakan unit
sumber daya manusia. PT. JNE as an organization needs to develop human resources to meet the
increasing demand for cargo dispatch. Therefore, it has to analyze the
organizational citizenship behavior (OCB) which significantly contributes to the
success in increasing its productivity. Theoretically, OCB is influenced by the
factors of leadership, job characteristics, and cultural context. Low level of OCB
can be an obstacle in increasing the productivity of JNE. The objective of this
research was to analyze the influence of the factor of OCB on the increase in
employees’ performance and to find out the policy or the strategy to increase
employees’ OCB which would be implemented in increasing their performance. The
research used qualitative method. The population was 155 JNE employees in the
courier department. The data were analyzed by using multiple linear regression
analysis. The result of the research showed that OCB was influenced by the factors
of leadership behavior, job characteristics, and cultural context. Leadership
behavior, job characteristics, and cultural context had positive and significant
influence on organizational citizenship behavior of the JNE employees. It is
recommended that this research be used to help the company increase the OCB by
providing job training and good policy to create human resource units.