Komunikasi Pemasaran Politik Tim Pemenangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Pilkada SUMUT 2018
View/ Open
Date
2019Author
Wanasari, Sri
Advisor(s)
Lubis, Lusiana Andriani
Ginting, Rahmanita
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran politik Tim Pemenangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Pilkada Sumut, dan menganalisis faktor-faktor pendukung kemenangan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Pilkada Sumut 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena dapat menggambarkan realitas sosial dengan jelas dan terperinci mengenai strategi komunikasi pemasaran politik tim pemenangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. Subjek penelitian adalah 4 (empat) informan dari tim pemenangan dan 4 (tiga) informan untuk keperluan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim pemenangan ERAMAS telah menerapkan komunikasi pemasaran politik berdasarkan karakteristik proses yang meliputi produk politik; 1) kandidat/ partai/ ideologi; 2) loyalitas; 3) konsistensi. Tim pemenangan (persepsi positif terhadap pemasaran, relawan). Saluran komunikasi (komunikasi massa, komunikasi kelompok, media baru), konstituen (peranan ulama, kontra pemilih). Oleh karena itu, peran komunikasi pemasaran politik telah membantu tim pemenangan memenangkan ERAMAS di Pilkada Sumut. Politik identitas mengambil peran paling besar dalam kemenangan ERAMAS dengan melibatkan peran tokoh agama Islam seperti Ustad Abdul Somad, oleh karenanya kebangkitan politik identitas Islam di Sumatera Utara memberikan perspektif politik baru bagi pola pemilihan umum.
Collections
- Master Theses [358]