Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan
View/ Open
Date
2019Author
Utami, Khairuna
Advisor(s)
Rauf, A.
Salmiah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian untuk menjelaskan karakteristik konsumen sayur organik, menganalisis
proses pengambilan keputusan pembelian sayur organik, menganalisis perilaku
konsumen terhadap sayur organik dan menganalisis hubungan karakteristik
konsumen dengan perilaku konsumen terhadap sayur organik telah dilakukan
pada Juli-Desember 2018. Daerah penelitian ditentukan secara purposive
sampling yaitu di Pasar Modern Lotte Mart, Transmart Carefour dan Maju
Bersama Pulo Brayan dengan pertimbangan Pasar Modern tersebut menyediakan
sayur organik yang lengkap dan lebih banyak. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu dengan teknik accidental
sampling (sampel tanpa sengaja dan tanpa direncanakan terlebih dahulu). Jumlah
sampel yang diambil yaitu 90 sampel, dengan kriteria yaitu responden bersedia
diwawancarai berdasarkan panduan kuesioner, konsumen yang pernah membeli
atau mengkonsumsi sayur organik dan berusia 15 tahun atau lebih. Metode
pengumpulan data penelitian ini adalah primer dan sekunder. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif, multiatribut Fishbein dan korelasi Rank
Spearman. Atribut yang dikaji meliputi; harga, rasa, kandungan gizi, warna,
aroma, kesegaran, kemasan, kerapian, daya tahan, bentuk dan ukuran, merek,
kualitas produk, dan informasi kadaluarsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
mayoritas konsumen organik berjenis kelamin perempuan berusia 31-40 tahun,
berprofesi sebagai pegawai swasta yang memiliki tingkat pendapatan Rp
2.000.000-Rp 3.000.000 per bulan dan memiliki dua anggota keluarga yang
ditanggung. Proses pengambilan keputusan pembelian sayur organik, konsumen
memiliki motivasi aman bagi kesehatan dengan mengkonsumsi sayur organik dan
perwujudan gaya hidup sehat menjadi manfaat yang diharapkan, namun lokasi
jauh menjadi kendala utama yang dihadapi konsumen untuk membeli sayur
organik. Sayur organik memiliki keunggulan dari atribut kesegaran, kandungan
gizi, informasi kadaluarsa, dan kualitas produk yang lebih penting dari atributatribut
lainnya setelah mengkonsumsinya. Karakteristik konsumen yaitu usia,
tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan keluarga yang ditanggung tidak
memiliki hubungan nyata dengan perilaku konsumen terhadap sayur organik. Research to explain the characteristics of organic vegetable consumers, analyze
the decision-making process for purchasing organic vegetables, analyze
consumer behavior towards organic vegetables and analyze the relationship
between consumer characteristics and consumer behavior towards organic
vegetables in July-December 2018. The research area was determined by
purposive sampling, namely in the Market Modern Lotte Mart, Transmart
Carefour and Forward Together Pulo Brayan with the consideration of the
Modern Market provides more and more complete organic vegetables. The
sampling method used is nonprobability sampling, that is by accidental sampling
technique (sampling accidentally and without prior planning). The number of
samples taken is 90 samples, with the criteria that respondents are willing to be
interviewed based on questionnaire guidelines, consumers who have bought or
consumed organic vegetables and are aged 15 years or more. The method of
collecting data in this study is primary and secondary. Data analysis used
descriptive analysis, Fishbein multi-attribute and Spearman Rank correlation.
The attributes studied include; price, taste, nutritional content, color, aroma,
freshness, packaging, neatness, durability, shape and size, brand, product quality,
and expired information. The results of the study showed that the majority of
organic consumers of women aged 31-40 years, work as private employees who
have an income level of Rp. 2,000,000-Rp. 3,000,000 per month and have two
family members covered. The decision making process for purchasing organic
vegetables, consumers have a safe motivation for health by consuming organic
vegetables and the realization of a healthy lifestyle into the expected benefits, but
far away locations are the main obstacles faced by consumers to buy organic
vegetables. Organic vegetables have the advantage of freshness attributes,
nutritional content, expired information, and product quality that are more
important than other attributes after consuming them. Consumer characteristics,
namely age, education level, income and family level that is borne do not have a
real relationship with consumer behavior towards organic vegetables.
Collections
- Master Theses [287]
