Psikodrama dalam Meningkatkan Harga Diri Remaja Usia 12-15 Tahun di SOS Children’s Village Medan
View/ Open
Date
2019Author
Wulandari, Dhiny Luna
Advisor(s)
Irmawati
Ervika, Eka
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini melihat efek psikodrama dalam meningkatkan harga diri rendah
bagi remaja usia 12-15 tahun di LKSA SOS Children’s Village Medan,
menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen pretest-postest group design.
Alat pengumpulan data berupa skala harga diri yang dimodifikasi dari teori
Rosenberg. Validasi content dilakukan oleh 7 orang expert judgement dan diolah
dengan rumus Aiken’s V. Selanjutnya uji coba skala harga diri dilakukan kepada
125 remaja dan uji validasi konstruk dilakukan dengan analisis faktor.
Sedangkan modul Psikodrama melewati proses uji kelayakan yang dilakukan
oleh 3 orang validator dan dilakukan uji coba pada remaja sesuai kategori subjek
penelitian untuk kemudian dilanjutkan dengan revisi modul hingga modul
dinyatakan layak digunakan.
Intervensi diberikan 10 orang remaja dengan harga diri rendah sebagai
kelompok eksperimen dan 11 orang remaja dengan kategori harga diri rendah
sebagai kelompok kontrol. Hasil intervensi menunjukan bahwa psikodrama efektif
meningkatkan harga diri pada remaja usia 12-15 tahun di SOS Children’s Village
Medan berkisar 68% dengan nilai signifikansi (2 tailed) adalah .011<0.05
menggunakan uji hipotesis Mann Whitney. Selain itu, remaja pada kelompok
eksperimen menunjukan perilaku saling membantu dan memotivasi satu sama lain
sehingga subjek penelitian menjadi lebih spontan dan ekspresif dan berdampak
positif terhadap kelancaran dan keberhasilan Psikodrama. This study looked at the effect of psychodrama in increasing low self-esteem
for adolescents aged 12-15 years at LKSA SOS Children 's Village Medan, using a
quantitative approach to the experimental pretest-posttest group design.
The data collection tool is a self-esteem scale modified from Rosenberg's
theory. Content validation was carried out by 7 expert judgment and processed by
the Aiken’s V formula. Furthermore, the self-esteem scale test was conducted on
125 adolescents and the construct validation test was carried out by factor analysis.
While the Psychodrama module passed the feasibility test conducted by 3 validators
and conducted trials on adolescents according to the research subject category to
then proceed with the revision of the module until the module was declared
appropriate for use.
Interventions were given by 10 adolescents with low self-esteem as an
experimental group and 11 adolescents with a low self-esteem category as a control
group. The results of the intervention showed that psychodrama effectively increases
self-esteem in adolescents aged 12-15 years in SOS Children's Village Medan
ranging from 68% with a significance value (2 tailed) is .011 <0.05 using the Mann
Whitney hypothesis test. In addition, adolescents in the experimental group showed
mutual helping and motivating behavior so that the subject of research became more
spontaneous and expressive and had a positive impact on the smoothness and
success of Psychodrama.