Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tanah dalam Penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Kabupaten Samosir (Studi Kasus di Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir)
View/ Open
Date
2019Author
Simbolon, Jonner
Advisor(s)
Matondang, Nazaruddin
Pujangkoro, Sugiharto
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar perbedaan nilai (gap) antara Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Bumi/Tanah yang ditetapkan oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Samosir dengan Nilai Pasar Tanah di Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir, serta menganalisis apakah faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tanah dalam penentuan NJOP Bumi/Tanah seperti faktor luas tanah, faktor jarak ke pusat bisnis, faktor jarak ke kantor pemerintahan dan faktor lokasi atau aksesibilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai tanah di Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan fungsi uji statistik untuk melakukan analisis data hasil penelitian. Variabel-variabel pada penelitian ini adalah Luas Tanah, Jarak ke Pusat Bisnis, Jarak ke Pusat Pemerintahan, dan Lokasi atau Aksesibilitas sebagai variabel independen dan Nilai Tanah sebagai variabel dependen. Lokasi objek penelitian berada pada Kel. Siogung-ogung, Kel. Pasar Pangururan, Desa Pardomuan-I, dan Kel. Pintu Sona di Kec. Pangururan Kab. Samosir Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian didapat data objek pajak pada 4 (empat) objek lokasi penelitian tersebut adalah sejumlah 1.946 objek tanah wajib pajak, berdasarkan rumus slovin diambil sampel sebanyak 95 (sembilan puluh lima) objek tanah wajib pajak dan dengan pembagian sampel secara proposional maka masing-masing lokasi objek penelitian, yaitu Kelurahan Siogung-ogung sebanyak 18 sampel, Kelurahan Pasar Pangururan sebanyak 24 sampel, Desa Pardomuan-I sebanyak 33 sampel, dan Kelurhan Pintu Sona sebanyak 20 sampel. Dari hasil analisis Uji F secara simultan semua variabel berpangaruh signifikan terhadap variable independen Nilai Tanah dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05, namun secara parsial variabel yang memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel independen nilai tanah, yaitu variabel Jarak ke Pusat Bisnis dengan tingkat siginifikansi 0.000 dan variabel Lokasi atau Aksesibilitas dengan tingkat siginifikansi 0.001, dibawah taraf signifikansi yang disyaratkan sebesar 0.05. Nilai R-Square dari variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 0.441 artinya nilai prosentase 4 (empat) variabel tersebut diatas dalam menjelaskan indikasi Nilai Tanah adalah sebesar 44.1 %. The objective of the research was to find out the gap value between NJOP (Taxable Value of Property) of land area regulated by Local Revenue Office of Samosir Regency in Pangururan Subdistrict, Samosir Regency, and to analyze whether the factors affecting land value in determining NJOP of land area such as surface area, distance from business center, distance from government offices, and location or accessibility simultaneously had any influence on the land value at Pangururan Subdistrict, Samosir Regency. This is a quantitative research using statistical testing to analyze the data. The variables of this research consisted of Surface Area, Distance from Business Center, Distance from Government Offices and Location or Accessibility as the independent variables and Land Value as the dependent one. The research object areas were Siogung-ogung Village, Pasar Pangururan Village, Pardomuan-I Village, and Pintu Sona Village in Pangururan Subdistrict, Samosir Regency, North Sumatera Province. The results showed that there were 1,946 land area taxpayers in the 4 (four) research object areas and 95 (ninety five) of them were taken as the samples using Slovin formula. These samples were proportionally divided into the research areas, so there were 18 samples from Siogung-ogung Village, 24 samples from Pasar Pangururan Village, 33 samples from Pardomuan-I Village, and 20 samples from Pintu Sona Village. The results of F-test showed that simultaneously all variables had significant influence on Land Value with significance level below 0.05; and the variables that partially had significant influence on Land Value were Distance from Business Center and Location or Accessibility.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Nilai-nilai Sosial Pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes Muatan Nilai-nilai Sosial pada Iklan Matahari Departement Store “Perbedaan bukan Halangan untuk Saling Menjaga”)
Tanjung, Ricardo Purba (Universitas Sumatera Utara, 2018)The title of this research is “Social Values in Television Advertisement (Roland Barthes’s Semiotic Analysis of Social Values in Television Advertisement on Matahari Department Store Difference is not an Obstacle to Look ... -
Nilai-Nilai Sosial pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Muatan Nilai-nilai Sosial pada Iklan Vidoran Smart Edisi “Budaya Antri”)
Gafur, Abdul (Universitas Sumatera Utara, 2017)Penelitian ini berjudul ”Nilai-nilai Sosial Pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Muatan Nilai-nilai Sosial Pada Iklan Vidoran Smart edisi Antri)” yang tayang pada salah satu televisi swasta di Indonesia. Pada dasarnya ... -
Nilai-Nilai Sosial pada Serial Drama Misaeng (Analisis Isi Muatan Nilai-Nilai Sosial Tayangan Serial Drama Korea Misaeng)
Tumangger, Delilawati (Universitas Sumatera Utara, 2016)The purposes of this research are to find out the scenes that contain social values and to find out the social values of Korean from the serial drama. Serial Drama Misaeng consists of 20 episodes, but researcher only ...