Analisis Tingkat Kepuasan dalam Membangun Loyalitas Pelanggan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbagut
View/ Open
Date
2019Author
Rubianisa, Citra
Advisor(s)
Nazaruddin
Sadalia, Isfenti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesadaran pekerja di Provinsi Sumatera
Utara untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan masih rendah. Hal ini
dipengaruhi oleh banyak faktor, dan salah satunya adalah kepuasan terhadap
layanan yang merupakan faktor kunci dalam menciptakan loyalitas pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa faktor yang
mempengaruhi tingkat kepuasan dengan mengembangkan loyalitas peserta BPJS
Ketenagankerjaan di Kantor Wilayah Sumbagut. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian korelasional. Populasinya adalah semua peserta BPJS
Ketenagakerjaan yang telah menyelesaikan klaim JHT mereka ke Kantor Cabang
BPJS Ketenagakerjaan se Medan Raya, dan sembilan puluh dari mereka
digunakan sebagai sampel. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi
linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat
pengaruh yang signifikan antara tangible, reliability, responsiveness, assurance,
dan empati terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial, dari lima variabel, hanya
tangible dan responsif yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja
karyawan, sementara keandalan, jaminan, dan empati tidak signifikan The background of this research was the awareness of workers in
North Sumatera Province in becoming BPJS in Manpower participants was still
low. It is influenced by many factors, and one of them is satisfaction with the
service which is the key factor in creating customer loyalty. The objective of the
research was to find out some factors which influenced the level of satisfaction
with developing loyalty in BPJS in Manpower participants Sumbagut Area Office.
The research used correlation research method. The population was all BPJS in
Manpower participants who had completed their JHT claims to the Branch
Offices in Medan Raya, and 90 of them were used as the samples. The data were
analyzed by using multiple linear regression analysis. The result of the research
showed that, simultaneously, there was significant influence of tangible,
reliability, responsiveness, assurance, and empathy on customer loyalty. Partially,
of the five variables, only tangible and responsiveness which had significant
influence on employees’ performance, while reliability, assurance, and empathy
did not.