Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi, Guru, dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Pelajar di Sekolah SMP Methodist Charles Wesley Medan
View/ Open
Date
2019Author
Wisantama, Kendy
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Sembiring, Beby Karina Fawzeea
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini telah dilakukan di sekolah Methodist Charles Wesley yang
merupakan sekolah berstandar nasional yang berdiri sejak tahun 2009 dimulai dari
tingkat SMK, tingkat SMP dimulai pada tahun 2012, dan tingkat SMA dimulai
pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor – faktor
berupa kualitas pelayanan admimistrasi, guru, dan sarana prasarana berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelajar di sekolah SMP Methodist Charles Wesley
Medan. Variabel yang digunakan adalah variable kualitas pelayanan admimistrasi,
kualitas guru, dan kualitas sarana prasarana.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
survei, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan
kuesioner sebagai alat pengumpulan data, dengan populasi sebanyak 145 pelajar,
maka sampel penelitian ini adalah 108 pelajar di sekolah SMP Methodist Charles
Wesley. Analisis data kuisioner dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan administrasi,
kualitas guru, dan kualitas sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelajar di SMP Methodist Charles Wesley Medan. The research was done at Methodist Charles Wesley School which has national
standard. It was established with SMK (Vocational School) in 2009, SMP (Junior
High School) in 2012, and SMA (Senior High School) in 2017. The objective of
the research was find out whether some factors of service quality of
administration, teachers, and facility and infrastructure had significant influence
on students’ satisfaction at SMP Methodist Charles Wesley, Medan. The variables
were service quality of administration, teachers, and facility and infrastructure.
The research used quantitative survey method. The population was 145 students
at SMP Methodist Charles Wesley, and 108 of them were used as the samples. The
data were analyzed by using questionnaires, using an SPSS version 20.
The result of the research showed that the variable of service quality of
administration, the quality of teachers, and the quality of facility and
infrastructure had significant influence on students’ satisfaction at SMP
Methodist Charles Wesley, Medan.