• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengasuhan Anak Autis (Studi Etnografi pada Kelas Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Kenanga, Padang Bulan,Medan)

    View/Open
    Fulltext (1.561Mb)
    Date
    2019
    Author
    Arios, Ingrid Zerlinda
    Advisor(s)
    Harahap, Aida Fitria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna, dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya, karena manusia memiliki akal dan budi untuk bisa berpikir tentang perilaku yang baik maupun yang buruk.Hal tersebut dapat dicapai melalui pengasuhan yang baik sejak dini terhadap anak-anak,. Pengasuhan dapat dilakukan oleh orangtua, keluarga, pendidikan dalam sekolah, bahkan lingkungan sosial. Hal tersebut sangatlah mempengaruhi tingkah laku seseorang, dang juga memperngaruhi apakah yang diajarkan pada anak di sekolah, sama dengan yang diajarkan orangtua, hal ini agar anak dapat lebih mudah diberikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengasuhan yang dilakukan terhadap anak autis di kelas anak berkebutuhan khusus (ABK) sekolah kenanga, Padang Bulan.Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dalam masa penelitian, peneliti juga melalukan wawancara dan obeservasi partisipasi (participant observation) guna mengumpulkan data yang diperlukan.Wawancara digunakan kepada kepala yayasan, guru, orangtua atau keluarga yang memiliki anak autis yang bersekolah disekolah tersebut. Peneliti juga menggunakan rekaman suara pada telepon genggam dalam proses wawancara. Hasi dari penelitian ini dapat disimpulkan pentingnya kerjasama antarguru dan orangtua dalam memberikan proses belajar dan terapi kepada anak autis, agar anak memiliki bentuk kedisiplinan yang sama untuk mengubah kebiasaan-kebiasan buruk yang sering dilakukan anak autis, dan anak autis juga dapat mengalami perkembangan dalam kemampuan akademik dan non akademik jika orangtua dan pihak memiliki bentuk kerjasama yang baik.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/17055
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV