Kewirausahawanan Pemilik PT. Pabrik Es Siantar dalam Mengelola Minuman Cap Badak Sebagai Ikon Kota Pematangsiantar
View/ Open
Date
2017Author
Siahaan, Martha
Advisor(s)
Simanihuruk, Muba
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan merupakan lembaga ekonomi yang dibangun guna pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Oleh karena itu di dalam perusahaan terdapat aktivitas-aktivitas ekonomi berupa produksi dan distribusi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Perusahaan tidak bergerak dalam satu jenis saja tetapi ada beranekaragam jenis perusahaan. Selain produksi dan distribusi perusahaan juga bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Perusahaan identik dengan perdagangan dan didalam perusahaan terdapat pengelolaan untuk dapat menggerakkan aktivitas-aktivitas ekonomi. Dalam suatu perusahaan diperlukan kemampuan dan kecakapan, kemampuan ini juga disebut sebagai kemampuan entrepreneur, dimana sikap dan perilaku entrepreneur memberikan sesuatu yang positif bagi bertahan dan majunya perusahaan. Sikap dan perilaku entrepreneur ini didasarkan pada nilai-nilai yang diterima dan yang terdapat pada suatu kelompok orang atau masyarakat tertentu. Perusahaan memberikan kontribusi besar bagi suatu daerah karena perusahaan akan membantu mengurangi pengangguran dan menopang perekonomian suatu daerah. Namun tidak banyak orang yang memilih untuk mencoba membangun suatu kemandirian dalam membuka usaha karena memikirkan resiko yang akan dihadapi. Keberanian mengambil resiko adalah salah satu sikap entrepreneur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat nilai-nilai entrepreneurship dan strategi bertahan yang terdapat pada perusahaan PT. Pabrik Es Siantar karena perusahaan ini sudah cukup lama berdiri di Kota Pematangsiantar. Entrepreneurship merupakan kemampuan kewirausahaan dengan tuntutan-tuntutan dan resiko yang dihadapi. Jiwa entrepreneur ini lah yang dibutuhkan untuk dapat mencapai pembangunan ekonomi.
Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi yaitu PT. Pabrik Es Siantar telah mencapai usia yang cukup lama dalam bertahan dan dalam penelitian diketahui bahwa faktor yang mempengaruhinya adalah tatacara pegelolaan perusahaan oleh pemilik perusahaan, managemen perusahaan dan strategi bertahan yang diterapkan perusahaan. Faktor lain yang tak kalah penting dalam mendukung bertahannnya perusahaan ini adalah bahan baku dan sumber daya yang diperoleh dengan gratis yaitu air dan listrik kemudian faktor lainnya adalah bahwa produk ini sudah mempunyai nama (trade mark).
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
