Show simple item record

dc.contributor.advisorEffendy, Elmeida
dc.contributor.advisorAmin, Mustafa M.
dc.contributor.authorPutra, Agussyah
dc.date.accessioned2019-08-30T04:14:15Z
dc.date.available2019-08-30T04:14:15Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/17423
dc.description.abstractLatar Belakang: Secara umum didapatkan hendaya kognitif yang bermakna pada pasien skizofrenik sebanyak lebih dari 75%. Hanya terdapat 27% pasien skizofrenik dengan neuropsikopatologik normal. Hal ini menunjukkan bahwa ditemukan hendaya kognitif secara bermakna pada pasien skizofrenik. Kognisi pada pasien skizofrenik secara luas telah diteliti, namun masih terdapat perbedaan hasil mengenai hubungan antara gangguan kognisi dengan tingkat inteligensia, dan tingkat pendidikan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat inteligensia dan tingkat pendidikan pasien skizofrenik terhadap fungsi kognitif dengan menggunakan Montreal Cognitive Assessment-Versi Indonesia (MoCA-Ina). Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian adalah pasien skizofrenik yang berada dalam fase stabilisasi di instalasi rawat jalan RS Jiwa Profesor dr. Muhammad Ildrem, Medan yang diperiksa dari tanggal 17 Januari hingga 4 Maret 2015 yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil: Kebanyakan subyek pada penelitian ini memiliki fungsi kognitif tidak normal. Tidak sterdapat hubungan yang bermakna antara tingkat inteligensia dengan fungsi kognitif. Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan dengan fungsi kognitif. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara lama sakit dengan fungsi kognitif. Kesimpulan: Kebanyakan pasien skizofrenik dalam fase stabilisasi yang berobat di instalasi rawat jalan RS Jiwa Profesor dr. Muhammad Ildrem, Medan mengalami hendaya kognitif. Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan dengan fungsi kognitif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectTingkat Inteligensiaen_US
dc.subjectTingkat Pendidikanen_US
dc.subjectMontreal Cognitive Assessment-Versi Indonesia (MoCA-Ina)en_US
dc.titleHubungan Antara Tingkat Inteligensia dan Tingkat Pendidikan pada Pasien Skizofrenik Terhadap Fungsi Kognitif Menggunakan Montreal Cognitive Assessment-Versi Indonesia (MoCA- Ina)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM107106003
dc.description.pages68 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record