Analisis Nyanyian Ngeria pada Masyarakat Karo di Desa Sukandebi, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo
View/ Open
Date
2016Author
Sinuhaji, Agriva Maranata
Advisor(s)
Tarigan, Kumalo
Tarigan, Perikuten
Metadata
Show full item recordAbstract
Ngeria atau Erpola adalah kegiatan mengambil Nira yang dilakukan oleh masyarakat Karo. Kegiatan ini dilakukan oleh seseorang yang disebut dengan Perpola dalam bahasa Karo. Kegiatan ini pada praktiknya menggunakan nyanyian yang berisikan lirik tentang kesengsaraan hidup. Pada masa sekarang, kegiatan ini sudah lebih sering dilakukan tanpa menggunakan nyanyian.
Di Kabupaten Karo, peneliti menemukan salah satu Perpola yang masih mengerti dengan nyanyian Ngeria yang saat ini sudah mulai jarang terdengar aktifitasnya. Peneliti memilih Bapak Kukuh Sitepu yang berdomisili di Desa Sukandebi, Kecamatan Naman teran, Kabupaten Karo sebagai informan kunci mengenai nyanyian Ngeria, walau beliau sudah tidak lagi melakukan kegiatan tersebut.
Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan metode Kualitatif Analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Kerja Lapangan yang meliputi beberapa aspek seperti; wawancara, observasi, perekaman suara, dan dokumentasi gambar pada kegiatan yang bersangkutan. Adapun teori yang digunakan adalah teori Fungsionalisme, teori Semiotik dan teori Weighted Scale. Teori Fungsionalisme digunakan untuk mencari fungsi dari nyanyian Ngeria dalam masyarakat. Teori Semiotik digunakan untuk menganalisis teks pada nyanyian dalam Ngeria, dan teori Weighted Scale untuk menganalisis melodi dalam nyanyian Ngeria.
Peneliti memilih judul ini karena merasa tertarik dengan kegiatan nyanyian dalam kegiatan Ngeria yang menurut peneliti sudah jarang ditemukan pada masyarakat Karo khususnya di Kabupaten Karo. Selain itu tujuan peneliti adalah membuat suatu pendokumentasian data dari nyanyian Ngeria yang keabsahan datanya dikutip dari hasil penelitian, diharapkan nantinya tulisan ini dapat menjadi sebuah hasil yang bersifat fleksibel yang dapat berguna bagi peneliti lainnya terutama dalam hal referensi.
Collections
- Undergraduate Theses [294]