dc.contributor.advisor | Humaizi | |
dc.contributor.author | Sianturi, Noni Theresia | |
dc.date.accessioned | 2019-09-07T05:19:38Z | |
dc.date.available | 2019-09-07T05:19:38Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/17768 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul, Pola Komunikasi Guru Agama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Putri Cahaya Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Karakteristik Informan yang mendidik akhlak siswa dan siswa yang dididik di SMP Putri Cahaya Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, komunikasi Kelompok, Pembinaan Akhlak. Dalam penelitian ini ada 3 informan pokok dan 2 informan tambahan yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara melakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap subjek penelitian tersebut. Teknik Analisi yang digunakan peneliti yaitu peneliti melakukan reduksi data, melakukan penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan studi ini menunjukkan bahwa proses pembinaan akhlak yang dilakukan guru agama terhadap siswa dan siswa dengan siswa yang lain berperan besar dalam pembentukan diri dan akhlak siswa. Hal ini terjadi karena terciptanya suasana kekeluargaan yang hangat dan akrab dalam melakukan komunikasi. Pola komunikasi siswa yang terbentuk melalui adanya kegiatan sekolah dan ekstrakulikuler membuat siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta berkegiatan diluar sekolah. kegiatan-kegiatan yang ada disekolah seperti ekstrakulikuler dan belajar dapat membentuk siswa menjadi generasi bangsa yang baik dan kreatif. Pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru agama juga menambah nilai plus siswa yang berprestasi karena selain mereka unggul di bidang akademis, mereka juga berakhlak baik dan memiliki prilaku baik sehingga disenangi orang banyak. | en_US |
dc.description.abstract | This Research is entitled as Communication Pattern of Religion Teacher in Coaching Morals Students in SMP Putri Cahaya Medan. The purposes of this study are to know the characteristics of Informant who teaching Morals in school and to know how the morals of that student was made. The theory used in this research are Communication, Interpersonal Communication, Group Communication, and Coaching Morals. In this study, there are three the main informant and two additional informant obtained by using the purposive sampling. The collection of data carried out by conducting in-depth interviews and the observations of the research subjects. The analytical techiniques used by reseacher are words reduction, data presentation, conclusion, and verification. This occurs showed how Coaching Morals was made and how the teachers coaching morals in that school. This occurs because of family-like atmosphere full of warmth and hospitality happens in their communication. The activities of that school can be done to purposely reformed., such extracurricular, Osis and many more who can make students have a great achievment in study and extracurricular. In addition to achievment of study, the coaching morals can make the great morals too. Student can reach the achievment in study, have good morals and have good attitude in their life. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Pola Komunikasi | en_US |
dc.subject | Guru Agama | en_US |
dc.subject | Siswa | en_US |
dc.title | Pola Komunikasi Guru Agama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Putri Cahaya Medan (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Guru Agama dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Putri Cahaya Medan Jalan Hayam Wuruk, No.11 Medan kecamatan Medan Baru) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM120904145 | |
dc.description.pages | 139 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |