Redesain Prestress (Post-Tension) Beton Pracetak I Girder Antara Pier 4 dan Pier 5, Ramp 3 Junction Kualanamu (Studi Kasus pada Jembatan Fly-Over Jalan Toll Medan-Kualanamu)
View/ Open
Date
2015Author
Siregar, Adriansyah Pami Rahman
Advisor(s)
Surbakti, Besman
Metadata
Show full item recordAbstract
Pekerjaan Struktural pembuatan Fly-over Toll Medan-Kualanamu, junction
Kualanamu, merupakan pekerjaan struktur yang menggunakan balok I sebagai
balok girdernya. Girder pada fly-over toll Medan-Kualanamu merupakan balok
precast segmental yang selanjutnya akan disatukan menggunakan sistem kabel
prategang
Dengan adanya revisi clearance height, sehingga pier 5 pada ramp 3, Junction
Kualanamu, mengalami peninggian, maka hal ini akan menyebabkan balok di
atasnya mengalami modifikasi pada ujung-ujungnya. Bentuk yang dipilih untuk
permasalahan ini yaitu dapped-end. Dengan diberi model dapped-end ini pada
ujung balok (perletakan), maka elevasi jalan rencana di atasnya tidak akan berubah.
Dari hasil modifikasi PCI girder diperoleh bentuk tulangan pada perletakan yang
berbeda dengan bentuk tulangan balok sebelumnya. Model keruntuhan pada jenis
balok inilah yang memerlukan penyusunan tulangan khusus, sehingga balok ini
mampu memikul beban di atasnya tanpa mengalami keruntuhan.
Collections
- Undergraduate Theses [1506]