• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD DR. Pirngadi Kota Medan

    View/Open
    Fulltext (2.401Mb)
    Date
    2015
    Author
    Saragih, Iin Juliani
    Advisor(s)
    Rismayani
    Mulyani, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Pirngadi Kota Medan (RSPM) adalah rumah sakit milik Pemerintah Kota Medan yang memberikan berbagai jenis pelayanan kesehatan kepada seluruh golongan masyarakat. Berdasarkan data yang diperoleh dari RSPM diketahui bahwa RSPM mengalami peningkatan kunjungan pasien rawat jalan akan tetapi mengalami penurunan kunjungan pasien rawat inap untuk kategori pasien umum selama tiga tahun terakhir. Di samping itu, keluhan tentang kualitas pelayanan dari para pasien juga terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari: berwujud/bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keamanan/kenyamaman (assurance), dan empati (emphaty) terhadap kepuasan pasien di RSPM serta merumuskan langkah-langkah atau kebijakan yang tepat yang dapat ditempuh oleh manajemen rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSPM demi peningkatan kepuasan pasien. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Kuesioner dibagikan kepada 100 orang pasien yang sedang menjalani rawat inap dengan lama menginap telah lebih dari 3 hari dengan metode pengambilan sampel secara cluster sampling. Dari hasil analisis, diperoleh bahwa 68,1 % kepuasan pasien dipengaruhi oleh kelima variabel kualitas pelayanan, sedangkan 31,9 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan pada penelitian ini. variabel berwujud/bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keamanan/kenyamaman (assurance), dan empati (emphaty) secara bersama-sama berpengaruh significant terhadap kepuasan pasien RSPM. Secara parsial, variabel berwujud/bukti fisik, kehandalan, dan daya tanggap berpengaruh nyata terhadap kepuasan pasien, dan variabel berwujud/bukti fisik (tangible), memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pasien, sedangkan keamanan/kenyamaman (assurance) dan empati (emphaty) secara parsial tidak mempunyai pengaruh nyata terhadap kepuasan pasien.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/17901
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV