Analisis Determinan Pembayaran Non Tunai (Non Cash Payment) di Bank Mandiri di Kota Medan
View/ Open
Date
2017Author
Putri, Milana
Advisor(s)
Sari, Inggrita Gusti
Metadata
Show full item recordAbstract
A society that is increasingly fast-changing demands of the transaction
and payment mechanisms are fast, safe and efficient. Therefore, banks and
institutions other than banks (LSB) need to respond to the dynamics of community
life through the strengthening of infrastructure and improvement of the quality
system by resting with advances in information technology.
This reseacrh is aimed to investigate factors which most determine the
customers of Bank Mandiri in Medan in making non-cash payment.
This research used a descriptive analysis method by collecting the primary
data using Likert scale model survey questionnaires. The questionannaires were
distributed to customers of Bank Mandiri in Medan with sampling as many as 100
customers who having non-cash payment instruments. Befor the results of the
questionnaires in the analysis, conducted a test of the validity and realibility of
the 30 customers of Bank Mandiri in Medan that use non-cash payment
instrument. This research used the classical assumption test, multiple linear
regression analysis test and a goodness of fit test. The entire test using SPSS 19.
Results of the analysis of the results of research suggest that the factors
that determine customer of Bank Mandiri in Medan are financial factors,
technological and supply side. As well as the most decisive factor respondents or
customers in making non-cash payments are technological factors. Kehidupan masyarakat yang semakin cepat berubah menuntut adanya
mekanisme transaksi dan pembayaran yang cepat, aman dan efisien. Untuk itu,
perbankan dan lembaga selain bank (LSB) perlu merespon dinamika kehidupan
masyarakat ini melalui penguatan infrastruktur dan peningkatan kualitas sistem
dengan bertopang dengan kemajuan teknologi informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu faktor-faktor yang paling
menentukan nasabah Bank Mandiri di Kota Medan dalam melakukan pembayaran
non tunai.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pengumpulan data
primer berupa kuesioner dengan menggunakan model skala likert, kuesioner
disebarkan kepada nasabah Bank Mandiri di Kota Medan dengan pengambilan
sampel sebanyak 100 orang nasabah yang memiliki instrumen pembayaran non
tunai. Sebelum hasil kuesioner di analisis, dilakukan suatu uji validitas dan
realibilitas kepada 30 nasabah Bank Mandiri di Kota Medan yang menggunakan
instrumen pembayaran non tunai. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik,
uji analisis regresi linier berganda dan uji goodness of fit. Seluruh uji
menggunakan program komputer SPSS 19.
Hasil analisis yang diperoleh dari hasil penelitian menyebutkan bahwa
faktor-faktor yang menentukan nasabah Bank Mandiri di Kota Medan adalah
faktor keuangan, teknologi dan sisi penawaran. Serta faktor yang paling
menentukan responden atau nasabah dalam melakukan pembayaran non tunai
adalah faktor teknologi.
Collections
- Undergraduate Theses [2637]