Strategi Guest Relations Officer dalam Menangani Keluhan Tamu di Hotel Santika Premiere Jogja
View/ Open
Date
2016Author
Patra, Aces Vio
Advisor(s)
Tanjung, Hasrun
Gustanto
Metadata
Show full item recordAbstract
Guest Relations Officer adalah salah satu jabatan di Front Office yang
fungsinya sebagai perantara atau jembatan antara tamu dengan pihak hotel, oleh
sebab itu Guest Relations Officer membutuhkan seseorang yang mampu
berkomunikasi dan berhubungan baik dengan semua orang. Seorang Guest Relations
Officer atau GRO bertanggungjawab atas penanganan Front Office dalam segala
aspeknya baik dalam sebuah hotel membutuhkan posisi mereka sebagai frontliner
pendirian usaha tersebut. Guest Relations Officer berada di garis depan layanan
pelanggan. juga berfungsi sebagai diplomat, Recordkeeper, information source,
psychologist dan sales person. Rumusan masalah dalam kertas karya ini adalah untuk
menemukan strategi Guest Relations Officer dalam menangani keluhan tamu di
Hotel Santika Premiere jogja, untuk menemukan tugas dan tanggug jawab Guest
Relations Officer di Hotel Santika Premiere Jogja, untuk menemukan hubungan
Guest Relations Officer dengan departemen lain di Hotel Santika Premiere Jogja,
dan untuk mengenal karakter tamu sehingga dapat memberikan pelayanan secara
baik.Keluhan merupakan hasil evaluasi keberhasilan suatu hotel, maka sangat
diperlukan strategi untuk menangani keluhan tamu yang terjadi di Hotel Santika
Premiere Jogja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
dan disusun serta diuraikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian yang telah
dilakukan adalah Peranan Guest Relations Officer merupakan bagian penting dari
Front Office Department sebagai penghubung antara tamu hotel dengan Hotel
Santika Premiere Jogja. Tugas dan tanggungjawab Guest Relations Officer sangat
dituntut untuk sempurna dalam melakukan kegiatan operasional dengan baik.
Hubungan kerja sama antara Guest Relations Officer dengan departemen lain
sangatlah penting, terutama dalam hal penyampaian informasi yang jelas sehingga
dapat meningkatkan kualitas pelayanan Hotel Santika Premiere Jogja.
Collections
- Diploma Papers (Tourism) [303]