Analisis Kemampuan Menyimak Initial /zh /, /ch/, /sh/, /z/, /c/, /s/ oleh Siswa Kelas XI SMA WR. Supratman 2 Medan
汉语声母:/zh/, /ch/, /sh/, /z/, /c/, /s/ 在WR. SUPRATMAN 2高二生学习汉语中的问题及分析(hànyǔ shēngmǔ; /zh/, /ch/, /sh/, /z/, /c/, /s/ zài WR. SUPRATMAN 2 gāo èr shēng xuéxí hànyǔ zhōng de wèntí jí fēnxi)
View/ Open
Date
2017Author
Firmadani, Sri Dila
Advisor(s)
Rangkuti, Rahmadsyah
Ayuningtias, Niza
Metadata
Show full item recordAbstract
The title of this thesis is “AnaIisis Kemampuan Menyimak Initial /zh /, /ch/, /sh/, /z/, /c/, /s/ oleh Siswa Kelas XI SMA WR. Supratman 2 Medan”. The aim of this writing is to find out and describe the student’s listening skills of initials /zh /, /ch/, /sh/, /z/, /c/, /s/ and the factors that influence students' listening skills . The methodology used in this thesis is descriptive-qualitative analysis that aims to describe and analyze in detail the information obtained. The theory used to analyzing the topic is theory of general linguistics and phonology . The result shows the percentage of initial listening skills by students is from 38 students, 4 students on the percentage of 11% categorized as very capable. 13 students on the percentage of 34% categorized capable. 14 students the percentage of 37% categorized less skilled and 7 students with a percentage of 18% category incapable. The results showed almost half the number of students are unable to distinguish and understand all 6 of this initial sound. Difficulty in listening is caused by several factors, such as internal and external factors. Judul skripsi ini adalah “AnaIisis Kemampuan Menyimak Initial /zh /, /ch/, /sh/, /z/, /c/, /s/ oleh Siswa Kelas XI SMA WR. Supratman 2 Medan”. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak initial /zh/, /ch/, /sh/, /z/, /c/, /s/ dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menyimak siswa. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori linguistik umum dan fonologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis fenomena-fenomena yang ada untuk mencandrakan karakteristik individu atau kelompok. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari tes menyimak dan angket tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menyimak. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu persentase kemampuan menyimak initial oleh siswa, dari 38 siswa, 4 siswa dengan jumlah persentase 11% berkategori sangat mampu. 13 siswa dengan jumlah persentase 34% berkategori mampu. 14 siswa persentase 37% berkategori kurang mampu dan 7 siswa dengan persentase 18% berkategori tidak mampu. Hasil penelitian menunjukkan hampir dari setengah jumlah siswa tidak mampu membedakan dan memahami ke-6 bunyi initial ini. Kesulitan dalam menyimak ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor internal dan faktor eksternal.
Collections
- Undergraduate Theses [300]