Audit Komunikasi Kampanye Stop Narkoba Badan Narkotika Nasional Kabupaten Serdang Bedagai
View/ Open
Date
2017Author
Nababan, Yeni Jelita
Advisor(s)
Harahap, Hendra
Sitepu, Yovita Sabarina
Metadata
Show full item recordAbstract
The purpose of this study is to analyze the process of communication audit and
analyze the response of the community which ultimately resulted in the evaluation
of the Drug Stop campaign. This research uses positivistic paradigm with
quantitative descriptive method.
The research was conducted on the Drug Stop campaign conducted by BNNK
Serdang Bedagai during January to June 2017. Internal and external
communication audit. Internally, the communication audit is done in planning and
preparing Stop Drugs campaign messages with the Organizational
Communication Profile of Pace & Faules. Samples taken amounted to 31
respondents who are employees of BNNK Serdang Bedagai. External
communication audit is done by looking at the community's response to the
implementation of the Drug Stop campaign. Samples taken at random from 2
(two) sub-districts were 114 respondents.
Internal and external communication audit results obtained in good category,
with score 3.145 from scale 4. Internal communication audit indicates that
organization is healthy. This is in line with the Information Theory used which by
seeing the flow of information in the organization run smoothly. The public
response shows that the public communication strategy undertaken has been
effective. Nevertheless there are several things that can be improved in order to
achieve the success of the Drug Stop campaign in the next activities, namely the
selection of channels, media, communication techniques and audiences that must
be more attention in accordance with the characteristics of existing communities
in Serdang Bedagai District. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses audit komunikasi serta
menganalisis tanggapan masyarakat yang pada akhirnya menghasilkan evaluasi
terhadap kampanye Stop Narkoba tersebut. Penelitian ini menggunakan
paradigma positivistik dengan metode deskriptif kuantitatif.
Penelitian dilakukan terhadap kampanye Stop Narkoba yang dilakukan BNNK
Serdang Bedagai sepanjang Januari hingga Juni 2017. Audit komunikasi yang
dilakukan secara internal dan eksternal. Secara internal, audit komunikasi
dilakukan dalam merencanakan dan mempersiapkan pesan kampanye Stop
Narkoba dengan teknik Profil Komunikasi Keorganisasian dari Pace & Faules.
Sampel yang diambil berjumlah 31 responden yang merupakan pegawai BNNK
Serdang Bedagai. Audit komunikasi eksternal dilakukan dengan melihat
tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan kampanye Stop Narkoba. Sampel
yang diambil secara acak dari 2 (dua) kecamatan sebanyak 114 responden.
Hasil audit komunikasi internal dan eksternal yang diperoleh dalam kategori baik,
dengan skor 3.145 dari skala 4. Audit komunikasi dalam internal organisasi
mengindikasikan bahwa organsiasi dalam keadaan sehat. Hal ini sejalan dengan
Teori Informasi yang dipakai yang dengan melihat aliran informasi dalam
organisasi berjalan lancar. Tanggapan masyarakat menunjukkan bahwa strategi
komunikasi publik yang dilakukan telah efektif. Meskipun demikian terdapat
beberapa hal yang dapat diperbaiki dalam rangka pencapaian keberhasilan
kampanye Stop Narkoba di kegiatan selanjutnya, yaitu pemilihan saluran, media,
teknik komunikasi dan khalayak yang harus lebih diperhatikan sesuai dengan
karakteristik masyarakat yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.
Collections
- Master Theses [358]