Show simple item record

dc.contributor.advisorSafrin
dc.contributor.authorGafur, Abdul
dc.date.accessioned2019-10-08T01:17:00Z
dc.date.available2019-10-08T01:17:00Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19334
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul ”Nilai-nilai Sosial Pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Muatan Nilai-nilai Sosial Pada Iklan Vidoran Smart edisi Antri)” yang tayang pada salah satu televisi swasta di Indonesia. Pada dasarnya kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan simbol. Simbol merupakan salah satu alat komunikasi dengan sesamanya. Aplikasi simbol juga diterapkan dalam iklan untuk menunjukkan identitas suatu produk. Salah satunya adalah simbol dalam nilai-nilai sosial, kehidupan bermasyarakan tidak lepas dari nilai sosial yang dianut oleh masyarakat tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Medan selama tiga bulan, yaitu sejak bulan Desember 2016 – Maret 2017. Tipe penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-interpretatif. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah file iklan Vidoran Smart yang didownload pada situs YouTube yang berdurasi 15 detik. Adapun metode pembedahan iklan yang dipakai adalah metode analisis semiotika Signifikasi Dua Tahap oleh Roland Barthes. Data primer diperoleh dari observasi dengan menonton file iklan Vidoran Smart, kemudian penulis akan melakukan pengamatan secara menyeluruh dan mendalam tiap frame per scene. Selanjutnya penulis akan mengidentifikasi dialog dan visual gambar yang dapat mewakili dan menggambarkan pesan sosial yang diteliti. Data sekunder akan diperoleh melalui studi pustaka dengan membaca literatur, buku-buku bacaan dan tulisan ilmiah yang berkaitan dan relevan dengan objek penelitian yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan suatu pemaknaan akan pesan sosial yang menggunakan sebuah pendekatan semiotika merupakan upaya penggalian secara mendalam perihal pesan-pesan yang terjadi dalam konteks bersosial dewasa ini. Iklan ini menawarkan sudut pandang dalam memaknai arti beretika. Ketika dihadapi dengan masalah sosial seorang anak kecil mampu menghadapinya dengan cara yang dewasa. Nilai-nilai sosial yang pada dasarnya adalah ilmu dasar dari pembentukan sebuah kepribadian manusia yang sepatutnya diberikan sejak dini.en_US
dc.description.abstractThe title of this research is “Social Values in Television Advertisement (Semiotic Analysis of Social Values in Television Advertisement on Vidoran Smart Queueing Edition)” which was aired on one of Indonesian private television company. Basically the need for human is also the need of symbols. Symbols are one of the communication tools that we used. The application of the symbol was also used in making advertisements. Which of them is the symbol in social values, in daily people always use their social values that they embraced. This research is held in Medan in a period of three months from December 2016 – March 2017. Using qualitative-interpretative as the approach of this research. The object of this research the file of the Vidoran Smart advertising that has been already downloaded via YouTube with a 15 seconds length. The methods that will be used in this research is two stage semiotic analysis by Roland Barthes. The primary data will be observed by watching Vidoran Smart advertisement, proceeding the writer will observe in depth and comprehensive every scene by frame. The next stage the writer will identify the dialogs and visual images that represents social values. Secondary data will be obtained by reading books and dictates that are relevant with the object of this research. The result of this research will show the meaning of todays social values. This advertisement shows how use ethical values in many perspectives. When one is facing a social problem, a little girl can overcome the problem with using a mannerly and mature way. The social values that are represented is the basic knowledge that formed in the early ages of human beingen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectIklan Televisien_US
dc.titleNilai-Nilai Sosial pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Muatan Nilai-nilai Sosial pada Iklan Vidoran Smart Edisi “Budaya Antri”)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM130904137
dc.description.pages85 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record