dc.contributor.advisor | Asmara, Sakhyan | |
dc.contributor.advisor | Kholil, Syukur | |
dc.contributor.author | Rahma, An Nisa Dian | |
dc.date.accessioned | 2019-11-08T08:45:08Z | |
dc.date.available | 2019-11-08T08:45:08Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20275 | |
dc.description.abstract | Communication strategy is one of the important components in the teaching-learning
process. Teachers should have the capacity to communicate well in teaching in order
to increase their students' learning performance. The objective of the research was to
find out the communication strategy of the teachers at Bimbingan Konsultasi Belajar
Nurul Fikri, Medan, in guiding Grade 12 students of Senior High School to get good
performance, some enabling and inhibiting factors in their process of
communication, and the implementation of the forms of their communication strategy
in increasing their students' learning performance. The research used qualitative
method with case study design. The respondents were 7 teachers and 5 triangulation
informants. The result of the research showed that the BKB Nurul Fikri implemented
the stages of of communication strategy analysis on needs, design, development,
implementation, and evaluation in the learning-teaching process. The enabling
factors such as psychological factor and the people and inhibiting factors such as
fatigue, school, and students at BKB Nurul Fikri, and learning disturbances such as
noise and difficulty in understanding the lesson during the learning process. It is
recommended that the teachers use the strategies of lecture, moderator, coordinator,
and innovation as well as the six strategies and learning guidance. | en_US |
dc.description.abstract | Strategi komunikasi merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses belajar
mengajar. Pengajar harus memiliki kemampuan berkomunikasi agar dapat
memaparkan materi dengan baik kepada peserta didik sehingga dapat mengarahkan
peserta didik untuk dapat meningkatkan prestasi belajar. Maka itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan pengajar Bimbingan
Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan dalam mengarahkan peserta didik kelas 12
SMA mendapatkan prestasi belajar, mengetahui faktor-faktor pendukung dan
penghambat proses komunikasi pengajar dengan peserta didik kelas 12 SMA dalam
meningkatkan prestasi belajar, dan implementasi bentuk-bentuk strategi komunikasi
pengajar “Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan” dalam meningkatkan
prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 7 orang pengajar dan 5
orang informan triangulasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti
menemukanBimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan telah menerapkan
tahap-tahap strategi komunikasi seperti analisis kebutuhan, desain, pengembangan,
implementasi dan evaluasi dalam proses belajar mengajar. Berbagai macam faktor
pendukung seperti faktor psikologis dan masyarakat dan faktor penghambat seperti
faktor kelelahan, faktor sekolah yang dialami oleh pengajar dan peserta didik
Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan serta gangguan-gangguan belajar
seperti keributan dan susahnya mengerti pelajaran yang terjadi selama proses belajar
mengajar. Pengajar Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan juga
melakukan implementasi bentuk strategi komunikasi seperti strategi ceramah,
moderator, koordinator dan inovasi serta ke enam strategi bimbingan belajar. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Strategi Komunikasi | en_US |
dc.subject | Proses Belajar Mengajar | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Peserta Didik | en_US |
dc.title | Strategi Komunikasi Pengajar “Bimbingan Konsultasi Belajar Nurul Fikri Medan” Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM177045020 | |
dc.description.pages | 224 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |