Show simple item record

dc.contributor.advisorKusmanto, Heri
dc.contributor.authorManik, Intan Natalya
dc.date.accessioned2019-11-15T07:51:23Z
dc.date.available2019-11-15T07:51:23Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20506
dc.description.abstractKomunikasi Politik adalah komunikasi yangmelibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengankekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah yang memiliki tujuan untuk membangun citra politik, membentuk dan membina pendapat umum, serta mendorong partisipasi politik.Komponen terpenting dalam komunikasi politik itu sendiri yaitu adanya pesan yang ingin disampaikan melalui iklan yang ditayangkan oleh media televisi. Banyaknya peran yang dimiliki oleh media massa (televisi) menarik munculnya beberapa kelompok ataupun individu yang memanfaatkan peran dari media massa itu sendiri. Hary Tanoesoedibjo adalah salah satunya. Hary Tanoesoedibjo adalah seorang pengusaha multimedia yang memegang beberapa jabatan strategis di berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia. Sebagai pengusaha multimedia yakni Media Nusantara Citra (MNC) group, Hary Tanoesoedibjo tidak mungkin bisa dilepaskan dari partai Perindo. Sebagai pendiri dan sekaligus Ketua Umum dari Partai Perindo, Hary Tanosoedibjo ingin memperkenalkan partainya ke masyarakat luas dan membesarkan nama partainya tersebut. Hal ini terbukti seiring dengan seringnya muncul tayangan Mars Partai Perindo serta iklan politik dan pemberitaan positif mengenai Partai Perindo di stasiun televisi yang dilakukan oleh MNC group seperti RCTI, Global TV, serta MNC TV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dari tayangan iklan politik yang dimuat di stasiun televisi milik MNC Group terhadap popularitas Partai Perindo Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data priber dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan data sekunder diperoleh melalui buku-buku, internet, jurnal, dan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini.en_US
dc.description.abstractThe Political Communication is a communication involving to the messages of politics and the political actors, or related to power, government, and the government policy, which aim to building a political image, creating and nurturing the public opinion, and also pushing the political participation. The most important component in the Political Communication is, there is a message that wanted to be spoken through the television advertisements. Because of so many roles which owned by mass media, it causes the existence of some group or individual who used the roles of mass media. Hary Tanoesoedibjo is one of the examples. Hary Tanoesoedibjo is a multimedia businessman who owned some of the strategical position in every well-known companies in Indonesia. As a multimedia businessman who owned the Media Nusantara Citra (MNC) Group, Hary Tanoesoedibjo can’t be separated from the Perindo Party. As a founder and also the leader of Perindo Party, Hary Tanoesoedibjo wants to introducing his party to the people and growing his party’s name through the MNC Group. This is proven by highly-frequenced broadcasts of Perindo Party’s march, Perindo Party’s political advertisement, and also the good news about Perindo Party which broadcasted in television stations owned by the Media Nusantara Citra (MNC) Group, such as RCTI, Global TV, and MNC TV. This research aim to knowing the roles from the broadcasts of political party in television stations which owned by MNC Group to the Perindo Party of Medan City’s popularities. This research uses qualitative methods. The source of data that being used are primary datas and secondary datas. The primary data is obtained from the interview, and the secondary data are obtained from books, internet, journals, and others which related to this research.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKomunikasi Politiken_US
dc.subjectPartai Perindoen_US
dc.subjectMedia Televisien_US
dc.titlePeran MNC Group dalam Popularitas Partai Perindo Kota Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM130906104
dc.description.pages111 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record