Show simple item record

dc.contributor.advisorNazaruddin
dc.contributor.advisorSadalia, Isfenti
dc.contributor.authorHutapea, Tumpal
dc.date.accessioned2019-11-15T08:02:48Z
dc.date.available2019-11-15T08:02:48Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20510
dc.description.abstractEvery company seeks to improve op erational effectiveness and efficiency so that it can exist in the current era of globalization. One of the efforts made to increase effectiveness and efficiency is to reduce costs by reviewing or evaluating the costs of Human Resources by implementing outsourcing in several fields with the hope that service quality does not decrease. One of the segments submitted by PLN to outsourcing is Technical Services. However, there are obstacles faced by PT PLN (Persero) North Sumatra Regional Unit, namely the decline in the performance of Technical Service outsourcing officers in responding to customer complaints (response time) and recovering electricity disruptions in the recovery time. The purpose of this study was to find out and analyze the influence of competencies consisting of knowledge variables, knowledge and attitude towards the performance of Technical Services at PT. PLN (Persero) North Sumatra Main Unit of Medan Customer Service Implementation Unit. Data analysis methods used include descriptive analysis and quantitative analysis including F test, t test, multiple linear regression and coefficient of determination R2. Research results show that performance can be explained by variables of knowledge, skills and behavior of 63.5%. From the results of the F-test that the variables of knowledge, skills and behavior simultaneously have a significant effect on performance. From the multiple regression equation based on the pattern or influence of independent variables on the dependent variable, it can be concluded that the most influential on performance is the skill of 64.6%, then knowledge of 19% and behavior of 4.8%. From the results of the partial test (t-test) it is known that knowledge and skills have a significant effect on performance, while behavior has a positive but not significant effect on performance.en_US
dc.description.abstractSetiap perusahaan berupaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional sehingga dapat eksis dalam era globalisasi saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tersebut adalah menekan biaya dengan cara meninjau atau mengevaluasi biaya Sumber Daya Manusia dengan cara implementasi outsourcing pada beberapa bidang dengan harapan kualitas pelayanan tidak menurun. Salah satu sekmen yang diserahkan PLN kepada outsourcing adalah Pelayanan Teknik. Akan tetapi terdapat kendala yang dihadapi oleh PT PLN(Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara yaitu menurunnya kinerja petugas oursourcing Pelayanan Teknik dalam menanggapi pengaduan pelanggan (respons time) dan memulihkan gangguan listrik pada sambungan rumah pelanggan (recovery time). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi yang terdiri dari variabel pengetahuan (knowledge), keterambilan (skill) dan perilaku (attitude) terhadap kinerja Pelayanan Teknik di PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Medan. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis kuantitatif antara lain uji F, Uji t, regresi linear berganda dan koefisien determinasi R2. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kinerja dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan, keterampilan dan perilaku sebesar 63,5 %. Dari hasil uji-F bahwa variabel pengetahuan, keterampilan dan perilaku secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Dari persamaan regresi berganda berdasarkan pola atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dapat disimpulkan yang paling berpengaruh terhadap kinerja adalah keterampilan sebesar 64,6%, kemudian pengetahuan 19% dan perilaku 4,8%. Dari hasil Uji parsial (Uji-t) diketahui bahwa pengetahuan dan keterampilan berpengaruh signifikan terhadap kinerja, sedangkan perilaku berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKompetensien_US
dc.subjectPengetahuanen_US
dc.subjectKeterampilanen_US
dc.subjectPerilakuen_US
dc.subjectKinerjaen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Petugas Outsourcing Pelayanan Teknik di PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM147007076
dc.description.pages163 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record