Show simple item record

dc.contributor.advisorJuanita
dc.contributor.advisorAshar, Taufik
dc.contributor.authorAklima, Novi
dc.date.accessioned2019-11-19T05:45:04Z
dc.date.available2019-11-19T05:45:04Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20714
dc.description.abstractMutu pelayanan kesehatan adalah derajat dipenuhinya kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap asuhan kesehatan sesuai dengan standar profesi Dimensi mutu pelayanan kesehatan yang mempengaruhi kepuasan pasien meliputi bukti langsung, daya tanggap, kehandalan, jaminan, perhatian pribadi dan konseling. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan KIA terhadap kepuasan ibu bersalin secara normal di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan Cross Sectional dan jumlah sampel 45 responden yang diambil secara accidental sampling. Analisis dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji chi-square, dan multivariat dengan uji regresi logistik berganda pada α=0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel yang berhubungan secara signifikan terhadap kepuasan ibu bersalin adalah bukti langsung (p=0,020), kehandalan (p=0,034), jaminan (p=0,001), perhatian pribadi (p=0,007), konseling (p=0,002) dan variabel yang tidak berhubungan terhadap kepuasan ibu bersalin adalah daya tanggap (p=0,057). Dari hasil analisis multivariat didapatkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah variabel bukti langsung, dengan nilai (Exp B=25,301) menunjukkan angka yang paling besar, sehingga dinyatakan sebagai variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan ibu bersalin. Diharapkan kepada bidan diruang bersalin Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang lebih aktif dalam meningkatkan pelayanan agar tercapai kepuasan pada ibu bersalin.en_US
dc.description.abstractHealth care quality is the standard of public or personal needs for health care according to the dimension of professional standard of health care standard which is influenced by patient satisfaction which includes tangibles, responsiveness, reliability, assurance, personal empathy, and counseling. The objective of the research was to find out the influence of KIA service quality on normal childbirth women at RSUD of Aceh Tamiang Regency, in 2016. The research used an analytic method with cross sectional design. The samples were 45 respondents, taken by using accidental sampling technique. The data were analyzed by using univariate analysis, bivariate analysis with chi square test, and multivariate analysis with multiple logistic regression analysis at α = 0.05. The result of the research showed that the variables which had significant correlation with childbirth women were tangibles (p=0.020) reliability (p=0.034), assurance (p=0.001), personal empathy (p=0.007), and counseling (p=0.002), while the variable which did not have any correlation with childbirth women was responsiveness (p=0.057). The result of multivariate analysis showed that the variable which had the most dominant influence on patient satisfaction was tangibles at the value of Exp β=25.301 which indicated the biggest figure so that it was the most influencing variable on childbirth women’s satisfaction. It is recommended that midwives in the Maternity Wards of RSUD of Aceh Tamiang Regency increase health care in which midwives more active in improving service in order to achieve satisfaction on maternity.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectMutu Pelayanan KIAen_US
dc.subjectKepuasan Ibu Bersalin Secara Normalen_US
dc.titlePengaruh Mutu Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Bersalin Secara Normal di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2016en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM147032143
dc.description.pages170 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record