• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Transaksi Pembayaran Tagihan Angsuran Kredit Nasabah Fif Melalui Outlet Pospay (SOPP POS) di PT Pos Indonesia (Persero) Divre I Medan 20004 “ Studi Kasus di Kantor Pos Lhokseumawe”

    View/Open
    Fulltext (1.814Mb)
    Date
    2012
    Author
    Putra, Johni Eka
    Advisor(s)
    Sitompul, Darwin
    Pujangkoro, Sugih Arto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu layanan jasa PT Pos Indonesia (Persero) adalah jasa layanan keuangan yang terdiri dari layanan pengiriman uang, Pospay (SOPP Pos), penyaluran dana, giro online dan layanan tabungan. Layanan Pospay (SOPP Pos) adalah layanan penerimaan pembayaran berbagai tagihan/angsuran menggunakan system online payment point (SOPP) dan telah menjangkau 2.192 kantor pos di seluruh Indonesia, termasuk 263 kantor pos di Kantor Divre I yang membawahi Propinsi Sumut – Aceh. PT Pos Indonesia (Persero) dan PT FIF telah melakukan kerjasama dalam penerimaan angsuran kredit FIF secara online sejak Tahun 2003 hingga saat ini. Didalam perjalanannya Kantor Divre I, belum mampu menyerap transaksi angsuran kredit FIF secara besar, dan masih jauh dibawah target. Dan daya serap penerimaan transaksi angsuran kredit FIF di Kantor Pos Lhokseumawe merupakan yang terendah di 19 UPT se-Divre I (Tahun 2009). Kondisi ini menyebabkan penulis melakukan penelitian di Kantor Pos Lhokseumawe dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan tidak tercapai target penerimaan angsuran kredit FIF, dan mengusulkan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan pada strategi pemasaran di 7 bauran pemasaran yang dilakukan oleh Kantor Pos Lhokseumawe. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa faktor-faktor yang menyebabkan tidak tercapainya target, adalah kurang optimalnya kegiatan/aktivitas pada faktor promosi, perlu adanya pembenahan pada faktor pendukung fisik, pengoptimalisasi pada faktor lokasi, pengefektifan faktor proses, peningkatan keprofesionalan pada faktor orang, kemudahan pada faktor harga dan kehandalan pada faktor produk. Dari analisis disimpulkan bahwa tingkat penilaian nasabah/customer atas strategi pemasaran yang diterapkan oleh kantor pos adalah dalam katagori “CUKUP atau BIASA SAJA”. Upaya bagi manajemen PT Pos Indonesia (Persero) untuk meningkatkan transaksi angsuran di kantor pos adalah dengan melakukan penerapan strategi promosi yang tepat pada sisi kuantitas maupun kualitas dan penerapan standarisasi pendukung fisik di kantor pos.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20719
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV