• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pemasaran pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) Cabang Medan

    View/Open
    Fulltext (1.416Mb)
    Date
    2016
    Author
    Syahriza, Muhammad
    Advisor(s)
    Rismayani
    Pujangkoro, Sugih Arto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seperti yang diketahui bahwa persaingan dalam dunia perbankan ditandai dengan adanya persaingan dalam hal jumlah produk yang ditawarkan oleh masing-masing bank, pengembangan produk, persaingan harga, persaingan lokasi usaha untuk menggapai pasar sasarannya, persaingan promosi dan bahkan persaingan dalam hal kelengkapan fasilitas pelayanan yang tersedia untuk memberikan kepuasan kepada nasabah. Selain itu, persaingan perbankan di kota Medan juga ditandai dengan terjadinya peningkatan tuntutan nasabah akan kualitas layanan, kemudahan, keamanan, dan kecepatan dalam bertransaksi. Peningkatan tuntutan nasabah tersebut, maka akan menuntut perbankan untuk terus bersaing melakukan pengembangan produk serta meningkatkan kualitas layanan dan kemampuan teknologi informasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Cabang Medan untuk memenangkan persaingan, dan untuk menetapkan Strategi pemasaran yang bagaimana sebaiknya diterapkan oleh manajemen PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten (Bank BJB) Cabang Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah wawancara, pengamatan, dan dokumen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan pada data yang diperoleh selama masa pengumpulan data, maka selanjutnya semua data dan informasi yang diperoleh dimasukkan dalam modelmodel kuantitatif perumusan strategi, yaitu Matriks TOWS atau Matriks SWOT dan Matriks Internal Eksternal kemudian dari hasil yang ada maka ditentukan pengambilan keputusan yang tepat. Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dijabarkan sebelumnya, maka selanjutnya dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Bank Jawa Barat dan Banten Cabang Medan hanya mengharapkan promosi dan penyebaran informasi promosi produk perbankan hanya melalui penyebaran brosur melalui customer service, membuat baliho di pusat – pusat keramaian. Berdasarkan hasil analisis SWOT pendekatan IFAS dan EFAS, maka strategi yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan dalam pemasaran jasa perbankan pada PT. Bank Jawa Barat dan Banten Cabang Medan adalah strategi yang agresif atau istilah lainnya adalah Growth.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20720
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV