Analisis Strategi Pemasaran pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) Cabang Medan
View/ Open
Date
2016Author
Syahriza, Muhammad
Advisor(s)
Rismayani
Pujangkoro, Sugih Arto
Metadata
Show full item recordAbstract
Seperti yang diketahui bahwa persaingan dalam dunia perbankan ditandai
dengan adanya persaingan dalam hal jumlah produk yang ditawarkan oleh
masing-masing bank, pengembangan produk, persaingan harga, persaingan lokasi
usaha untuk menggapai pasar sasarannya, persaingan promosi dan bahkan
persaingan dalam hal kelengkapan fasilitas pelayanan yang tersedia untuk
memberikan kepuasan kepada nasabah. Selain itu, persaingan perbankan di kota
Medan juga ditandai dengan terjadinya peningkatan tuntutan nasabah akan
kualitas layanan, kemudahan, keamanan, dan kecepatan dalam bertransaksi.
Peningkatan tuntutan nasabah tersebut, maka akan menuntut perbankan untuk
terus bersaing melakukan pengembangan produk serta meningkatkan kualitas
layanan dan kemampuan teknologi informasinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran
yang digunakan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten
Cabang Medan untuk memenangkan persaingan, dan untuk menetapkan Strategi
pemasaran yang bagaimana sebaiknya diterapkan oleh manajemen PT. Bank
Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten (Bank BJB) Cabang Medan.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa teknik
diantaranya adalah wawancara, pengamatan, dan dokumen. Analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis SWOT.
Berdasarkan pada data yang diperoleh selama masa pengumpulan data, maka
selanjutnya semua data dan informasi yang diperoleh dimasukkan dalam modelmodel
kuantitatif perumusan strategi, yaitu Matriks TOWS atau Matriks SWOT
dan Matriks Internal Eksternal kemudian dari hasil yang ada maka ditentukan
pengambilan keputusan yang tepat.
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dijabarkan sebelumnya,
maka selanjutnya dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan
oleh PT. Bank Jawa Barat dan Banten Cabang Medan hanya mengharapkan
promosi dan penyebaran informasi promosi produk perbankan hanya melalui
penyebaran brosur melalui customer service, membuat baliho di pusat – pusat
keramaian. Berdasarkan hasil analisis SWOT pendekatan IFAS dan EFAS, maka
strategi yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan dalam pemasaran jasa
perbankan pada PT. Bank Jawa Barat dan Banten Cabang Medan adalah strategi
yang agresif atau istilah lainnya adalah Growth.