Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tenun pada Konsumen Raki Tenun Binaan Dinas Koperasi Deli Serdang
View/ Open
Date
2019Author
Arfan, Muhammad Fazrir
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
The development of the UMKM industry brings about to increase in tight
competition among companies, especially in UMKM of weaving in North
Sumatera. Accurate business strategy should be implemented for UMKM in order
to be able to grow and to compete with its competitors. Raki Tenun as an UMKM
fostered by Dinas Koperasi Deli Serdang has to compete with its competitors by
selling its best product. In 2017, the sale of Raki Tenun decreased, caused by
some factors: promotion done by Raki Tenun, consumers’ perception on price,
and product quality. The objective of the research was to find out 1) the influence
of promotion on decision to buy, 2) the influence of perception on price on
decision to buy, 3) the influence of product quality on decision to buy, and 4) the
influence of promotion, perception on price, and product quality simultaneously
on decision to buy Raki Tenun. The population was 177, and 123 of them were
used as the samples, taken by using Slovin formula with error tolerance of 5%.
The data were gathered by conducting documentary study, interviews, and
quetionnaires and analyzed by using multiple regression analysis at p=0.05. the
result of the research showed that 1) promotion had positive and significant
influence on decision to buy cloth at Raki Tenun, 2) perception of price had
positive and significant influence on decision to buy cloth at Raki Tenun, 3)
product quality had positive and significant influence on decision to buy cloth at
Raki Tenun, and 4) promotion, perception on price, and product quality
simultaneously had positive and significant influence on decision to buy cloth at
Raki Tenun. Perkembangan industri UMKM turut meningkatkan persaingan antar
perusahaan, khususnya persaingan pada UMKM pembuatan Tenun. Persaingan ini
terjadi di Sumatera Utara, UMKM Tenun banyak muncul untuk memperketat
persaingan. Perlunya penerapan strategi bisnis yang tepat bagi UMKM agar
mampu tumbuh dan bersaing dari kompetitornya. Raki Tenun sebagai UMKM
Binaan Dinas Koperasi Deli Serdang harus bersaing dengan kompetitor, dengan
menawarkan produk-produk tenun terbaiknya. Tahun 2017 terjadi penurunan
penjualan pada Raki Tenun. Banyak faktor yang mempengaruhi penjualan pada
Raki Tenun diantaranya Promosi yang dilakukan Raki Tenun, Persepsi Harga dari
konsumen tentang kain Raki Tenun dan Kualitas Produk yang dibuat oleh Raki
Tenun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh promosi terhadap
keputusan pembelian, 2) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian,
3) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh promosi,
persepsi harga dan kualitas produk secara serempak terhadap keputusan
pembelian kain Raki Tenun. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 177.
Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin, dengan error tolerance =
5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 123 responden. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara dan pemberian kuesioner
kepada responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis
regresi berganda, pada taraf signifikan =0,05. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa : 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputussan
pembelian kain di Raki Tenun. 2) persepsi harga berpengaru positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian kain di Rak Tenun. 3) kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Raki Tenun. 4) promosi,
persepsi harga dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian kain di Raki Tenun.