Show simple item record

dc.contributor.advisorFauzi, Amrin
dc.contributor.advisorRini, Endang Sulistya
dc.contributor.authorArfan, Muhammad Fazrir
dc.date.accessioned2019-11-21T09:35:06Z
dc.date.available2019-11-21T09:35:06Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/20946
dc.description.abstractThe development of the UMKM industry brings about to increase in tight competition among companies, especially in UMKM of weaving in North Sumatera. Accurate business strategy should be implemented for UMKM in order to be able to grow and to compete with its competitors. Raki Tenun as an UMKM fostered by Dinas Koperasi Deli Serdang has to compete with its competitors by selling its best product. In 2017, the sale of Raki Tenun decreased, caused by some factors: promotion done by Raki Tenun, consumers’ perception on price, and product quality. The objective of the research was to find out 1) the influence of promotion on decision to buy, 2) the influence of perception on price on decision to buy, 3) the influence of product quality on decision to buy, and 4) the influence of promotion, perception on price, and product quality simultaneously on decision to buy Raki Tenun. The population was 177, and 123 of them were used as the samples, taken by using Slovin formula with error tolerance of 5%. The data were gathered by conducting documentary study, interviews, and quetionnaires and analyzed by using multiple regression analysis at p=0.05. the result of the research showed that 1) promotion had positive and significant influence on decision to buy cloth at Raki Tenun, 2) perception of price had positive and significant influence on decision to buy cloth at Raki Tenun, 3) product quality had positive and significant influence on decision to buy cloth at Raki Tenun, and 4) promotion, perception on price, and product quality simultaneously had positive and significant influence on decision to buy cloth at Raki Tenun.en_US
dc.description.abstractPerkembangan industri UMKM turut meningkatkan persaingan antar perusahaan, khususnya persaingan pada UMKM pembuatan Tenun. Persaingan ini terjadi di Sumatera Utara, UMKM Tenun banyak muncul untuk memperketat persaingan. Perlunya penerapan strategi bisnis yang tepat bagi UMKM agar mampu tumbuh dan bersaing dari kompetitornya. Raki Tenun sebagai UMKM Binaan Dinas Koperasi Deli Serdang harus bersaing dengan kompetitor, dengan menawarkan produk-produk tenun terbaiknya. Tahun 2017 terjadi penurunan penjualan pada Raki Tenun. Banyak faktor yang mempengaruhi penjualan pada Raki Tenun diantaranya Promosi yang dilakukan Raki Tenun, Persepsi Harga dari konsumen tentang kain Raki Tenun dan Kualitas Produk yang dibuat oleh Raki Tenun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh promosi, persepsi harga dan kualitas produk secara serempak terhadap keputusan pembelian kain Raki Tenun. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 177. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin, dengan error tolerance = 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 123 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara dan pemberian kuesioner kepada responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, pada taraf signifikan =0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputussan pembelian kain di Raki Tenun. 2) persepsi harga berpengaru positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kain di Rak Tenun. 3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Raki Tenun. 4) promosi, persepsi harga dan kualitas produk secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kain di Raki Tenun.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPromosien_US
dc.subjectPersepsi Hargaen_US
dc.subjectKualitas Produken_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.titlePengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tenun pada Konsumen Raki Tenun Binaan Dinas Koperasi Deli Serdangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM167007082
dc.description.pages94 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record