Analisis Kohesi dan Diksi dalam Wacana Iklan Berita Duka Bahasa Mandarin pada Koran Haobao
View/ Open
Date
2019Author
Zahra, Malinda
Advisor(s)
Ayuningtias, Niza
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berjudul Analisis Kohesi dan Diksi dalam Wacan Iklan Berita Duka Bahasa Mandarin pada Koran Haobao. Rumusan masalah yang dicari pada penelitian ini ialah (1) Jenis kohesi apa sajakah yang terdapat dalam wacana; (2) Bagaimana bentuk kekohesifan yang terdapat dalam wacana; (3) Bagaimana penggunaan diksi yang terdapat dalam wacana. Tujuan penelitian dilakukan ialah (1) Untuk mengetahui jenis kohesi; (2) Untuk mengetahui kekohesifan atau kepaduan bentuk wacana; (3) Untuk mengetahui penggunaan diksi yang terdapat dalam wacana iklan berita duka pada koran Haobao. Penelitian menggunakan teori kohesi wacana dari Halliday dan Mulyana dan teori diksi dari Kridalaksana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis penanda kohesi gramatikal, yaitu referensi, elipsis, dan konjungsi. Sedangkan kohesi leksikal yang ditemukan terdapat 5 jenis, yaitu sinonimi, antonimi, hiponimi, repetisi, dan kolokasi. Hasil yang ditemukan mengenai penggunaan diksi dibagi menjadi 5 pembagian, yaitu (1) diksi-diksi yang digunakan untuk mengatakan bahwa seseorang meninggal dunia; (2) diksi (pengelompokan kata) yang terdapat dalam kata mutiara; (3) diksi yang digunakan pada kepala pengumuman wacana iklan berita duka; (4) diksi yang digunakan untuk menyatakan turut berbelasungkawa; (5) diksi atau kata-kata yang berhubungan dengan acara perkabungan. The research is titled Cohesion and Diction Analysis in Chinese Grief News Advertisements Discourse on Haobao Newspaper. The formulation of the problem in this study are (1) What types of cohesion are contained in the discourse; (2) How is the form of cohesiveness contained in the discourse; (3) How is the use of diction contained in the discourse. The research objectives were (1) To find out the type of cohesion; (2) To find out the cohesiveness of discourse; (3) To find out about the use of diction contained in the discourse on sad news advertisements in the Haobao newspaper. The research uses discourse cohesion theory from Halliday and Mulyana and diction theory from Kridalaksana. The research method used is a qualitative-descriptive method. The results found in the study show that there are 3 types of grammatical cohesion markers, namely references, ellipses, and conjunctions. While the lexical cohesion found there are 5 types, namely synonymy, antonym, hyponym, repetition, and collocation. The results found regarding the use of diction are divided into 5 divisions, namely (1) diction which are used to say that someone dies; (2) diction (word grouping) contained in wisdom sentences; (3) diction used on the head of announcement of the sorrow news advertising discourse; (4) the diction used to express condolences; (5) diction or words related to the mourning event.
Collections
- Undergraduate Theses [300]