Strategi Manajemen Hotel Hermes Palace dan Kyriad Muraya Hotel Aceh dalam Melaksanakan Fungsi Public Relations
View/ Open
Date
2019Author
Jalil, Hilyati Abdul
Advisor(s)
Asmara, Sakhyan
Kholil, Syukur
Metadata
Show full item recordAbstract
Jumlah hotel di Banda Aceh terus mengalami peningkatan, namun keberadaan divisi public relations masih jarang ditemukan. Aktivitas public relations dibutuhkan untuk mempertahankan dan meningkatkan okupansi. Hotel Hermes Palace merupakan hotel pertama serta satu-satunya hotel bintang 5 di Banda Aceh yang belum memiliki divisi public relations, adapun hotel Kyriad Muraya adalah hotel pertama serta satu-satunya hotel bintang 4 yang telah memiliki divisi public relations. Penelitian yang menggunakan metode deskriptif analisis ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelaksanaan fungsi public relations yang dijalankan oleh hotel Hermes dan Kyriad. Strategi fungsi public relations yang dilakukan oleh hotel Hermes adalah dengan melaksanakan outing karyawan, pemberian penghargaan untuk karyawan terbaik, customer gathering, media gathering, promosi royal wedding, hingga mengadakan corporate social responsibility dan charity. Strategi fungsi public relations yang dilakukan oleh hotel Kyriad adalah dengan mengadakan general staff meeting, kajian bulanan internal, media gathering, memaksimalkan promosi melalui media sosial, mengadakan corporate social responsibility serta menekankan keramahan kepada customer dalam segala aktivitas hotel. Strategi fungsi public relations yang dijalankan di masing-masing hotel dilakukan dengan tahap riset, action, communication, dan evaluations. Kelebihan dari pelaksanaan fungsi public relations hotel Hermes ialah pelaksana fungsi public relations memiliki akses langsung kepada general manager, namun kekurangannya terjadi double job dan miskomunikasi. Kelebihan dari pelaksanaan fungsi public relations hotel Kyriad ialah memiliki akses langsung kepada general manager dan media sehingga timbul profesionalitas, namun kekurangannya ialah baru terdapat public relations secara personal, belum terbentuk struktur public relations secara organisasi. Hasil dari pelaksanaan fungsi PR di masing-masing kedua hotel menunjukkan bahwa okupansi atau tingkat hunian hotel meningkat.
Collections
- Master Theses [358]