dc.description.abstract | Dalam satu dekade terakhir, perusahaan telepon sleular mengalami
pertumbuhan yang sangat pesat. Tercatat kurang lebih sembilan perusahaan di
Indonesia yang telah menyediakan layanan telepon baik yang berbasis GSM
maupun CDMA. Persaingan yang kuat akan menyebabkan perusahaan –
perusahaan yang tidak memiliki keunggulan akan tereliminasi. Agar suatu
perusahaan mampu mempertahankan eksistensinya, setiap perusahaan harus
menetapkan secara matang strategi persaingan perusahaannya, yaitu strategi
keunggulan bersaing yang salah satunya adalah strategi diferensiasi. Perusahaan
dapat menciptakan dan mengembangkan berbagai diferensiasi dari produk yang
dihasilkan, pelayanan yang diberikan atau citra yang dapat menunjang perusahaan
dari para pesaing. Peran strategi diferensiasi sangat diperlukan karena dengan
adanya strategi tersebut perusahaan akan mempunyai keunggulan yang lebih dari
pesaing.
Penelitian ini menggunakan strategi-strategi diferensiasi yang berpengaruh
terhadap keunggulan bersaing. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan
Flexy Classy yang terdaftar di PT. Telkom Representative Office Medan, Area
Commerce 1 Sumatera, baik yang masih aktif maupun yang sudah berhenti
berlangganan (churn).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan rancangan strategi
yang tepat dan efektif diimplementasikan oleh PT. TELKOM guna meningkatkan
jumlah pelanggan pada unit FLEXIClassy.
Dalam penelitian ini, survey dilakukan terhadap 120 sampel yang penentuan
jumlah sampelnya berdasarkan rule of thumb Roscoe (1975). Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression)
dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows seri 17.
Hasil analisis menunjukkan pengaruh yang positif signifikan antara ketiga
variable independen : diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan, dan diferensiasi
citra terhadap variable dependen keunggulan bersaing, dengan F hitung > F tabel,
yaitu 143.381 > 2.682. Secara parsial, semua variable bebas juga menunjukkan
pengaruh yang signifikan terhadap variable dependent dengan nilai signifikan (Sig.)
< 0.05.
Hasil penelitian ini mendukung teori – teori dan hasil penelitian terdahulu.
Untuk diferensiasi produk, penelitian dari Concrad (2002), Epple (1987), Waterson
(1990) dan Giannias (1999) terbukti didalam penelitian ini. Untuk diferensiasi
pelayanan telah mendukung penelitian dari Parasuraman, Zeithaml dan Berry
(1985), Fisher (1991) dan Arnold et.al (1989). Dan untuk diferensiasi citra,
penelitian dari Pina et.al (2004) serta Zuraida dan Chasanah (2001) juga terbukti
didalam penelitian ini. | en_US |