• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Mutu Produk dan Kualitas Pelayanan Standar ISO 9001:2008 Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU Distribusi III

    View/Open
    Fulltext (2.886Mb)
    Date
    2014
    Author
    Indriani, Hera
    Advisor(s)
    Sinulingga, Sukaria
    Pujangkoro, Sugih Arto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan gas bumi terintegrasi PGN perlu mengikuti standar yang baku dalam implementasi layanan mutu. Untuk itu saat ini PGN telah memperpanjang dan memperluas ISO 9001:2008. Dengan mengimplementasi ISO, berarti PGN telah menjalankan prosedur yang diakui internasional. Dengan demikian, maka perusahaan akan mempunyai kredibilitas yang baik. PGN sebelumnya juga telah satu dekade melaksanakan ISO 9001, ke depan PGN akan terus berbenah untuk dapat melaksanakan standar atau prosedur lainnya sebagai upaya berkelanjutan perbaikan secara internal. Insan PGN dapat sedikit memahami apa dan bagaimana sekarang posisi PGN dalam mengimplementasikan standar ISO. Kini kita harus mulai bersiap diri dalam memasuki pengembangan bisnis karena itu dukungan semua pihak sangat diharapkan, agar PGN dapat sukses melaksanakan transformasi perusahaan. Sebelum memperpanjang dan memperluas ruang lingkup ISO 9001:2008, ruang lingkupnya hanya Kantor Pusat dan SBU Distribusi termasuk pengolahan transmisi Medan. Namun, seiring berkembangnya bisnis utama PGN, baik proses transmisi dan distribusi gas bumi, membuat diperlukannya perluasan internasional dan memenuhi persyaratan system mutu ISO 9001. Metode dalam penelitian ini dengan pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan mutu produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Sbu Distribusi III. Mutu produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Sbu Distribusi III. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas pelayanan yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan Nilai koefisien determinasi (R square) menunjukkan bahwa kemampuan Mutu produk (X1) dan Kualitas pelayanan (X2) menjelaskan variasi cukup kuat terhadap kepuasan pelanggan pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Sbu Distribusi III.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21727
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV