Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Politeknik Unggul LP3M Medan
View/ Open
Date
2016Author
Pulungan, Putra Adri Ananda
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Metadata
Show full item recordAbstract
Dalam memilih perguruan tinggi, banyak faktor yang mempengaruhi
keputusan mahasiswa memilih, salah satunya adalah bauran pemasaran. Jika
perguruan tinggi dapat menyesuaikan kebijakan bauran pemasaran dengan target
pasarnya maka keputusan pembelian atau keputusan untuk memilih suatu produk
akan meningkat. Bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel – variabel
pemasaran yang dapat dikendalikan oleh manajer untuk menjalankan strategi
pemasaran dalam upaya mencapai tujuan perusahaan didalam pasar sasaran
tertentu. Bauran pemasaran dalam penelitian ini terdiri dari variabel produk,
harga, distribusi, promosi, partisipan, bukti fisik dan proses.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran
terhadap keputusan mahasiswa memilih Politeknik Unggul LP3M Medan. Jenis
penelitian pada penelitian ini adalah penelitian korelasional. Dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling, 80
kuesioner yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis regresi lininer
berganda.
Hasil analisis data menunjukkan 50,9% keputusan mahasiswa memilih
Politeknik Unggul LP3M Medan dipengaruhi oleh bauran pemasaran. Sedangkan
sisanya 49,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang digunakan
dalam penelitian ini. Variabel produk merupakan variabel yang memberikan
pengaruh paling dominan diantara variabel lain.