Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa-Siswi Belajar di SMA Husni Thamrin Medan
View/ Open
Date
2017Author
Sihite, Aditya Moqshana S
Advisor(s)
Sinulingga, Sukaria
Fauzi, Amrin
Metadata
Show full item recordAbstract
Lembaga pendidikan adalah suatu lembaga yang memberikan atau menyelenggarakan
pelayanan berupa pendidikan kepada pelanggannya (siswa) dalam rangka menaikkan kualitas
hidup melalui pendidikan yang diselenggarakan dengan cara yang sistematis dan konsisten.
Kualitas di dalam pendidikan sama pentingnya dengan kualitas dalam bidang bisnis.
Salah satu instansi pendidikan di kota Medan adalah SMA Husni Thamrin Medan.
Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan formal yang selalu berusaha memberikan pelayanan
terbaik terhadap para siswa-siswinya. Berdasarkan data yang didapat dari tata usaha SMA Husni
Thamrin Medan, terlihat bahwa terjadinya fluktuasi jumlah siswa SMA Husni Thamrin dari
tahun 2012 sampai dengan tahun 2015. Selama ini banyak terjadi keluhan-keluhan dari siswa
terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak SMA Husni Thamrin Medan, seperti ketepatan
waktu belajar mengajar dengan jadwal, ketepatan tanggapan pihak manajemen dengan keluhan
siswa-siswinya, kemampuan karyawan dalam hal menyampaikan informasi kepada siswa-siswi,
kemudahan siswa menghubungi pihak manajemen dan karyawannya, serta tenaga pengajar
dengan tingkat pendidikan mayoritas masih di jenjang S1. Disini perlu adanya kesesuaian antara
persepsi dan harapan dari siswa-siswi yang menimbulkan kepuasan. Siswa akan merasa puas
apabila layanan yang disediakan oleh pihak jasa sesuai apa yang di harapkannya sehingga tidak
terjadi kesenjangan antara harapan siswa dengan layanan yang di perolehnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan kebijakan / strategi yang efektif
dalam meningkatkan jumlah siswa yang masuk ke SMA Husni Thamrin Medan serta untuk
membangun sistem-sistem mengajar yang efektif untuk meningkatkan kepuasan siswa-siswi
SMA Husni Thamrin Medan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan jasa
(SERVQUAL) yang terdiri dari 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan. Adapun kelima dimensi
kualitas pelayanan tersebut adalah Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan
Responsiveness.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Kuesioner dibagikan kepada
74 orang siswa SMA Husni Thamrin, dimana pengambilan sampel dilakukan dengan metode
simple random sampling. Analisis data menggunakan model analisis regresi berganda dengan uji
F (simultan) dan uji t (parsial) dengan tingkat kepercayaan 95%.
Dari hasil analisis diperoleh bahwa 57,9% kepuasan murid dipengaruhi oleh variabel
bebas yang terdiri dari Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness,
sedangkan 42,1% kepuasan murid dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas. Dari
hasil uji t diperoleh bahwa variabel Reliability, Empathy dan Responsiveness berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan murid SMA Husni Thamrin secara parsial. Sedangkan dari hasil uji
F, diperoleh bahwa variabel Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness
secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan murid SMA Husni Thamrin.