Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Menempuh Pendidikan pada Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi
View/ Open
Date
2009Author
Sebayang, Saimara A.M
Advisor(s)
Rismayani
Simanjuntak, Parulian
Metadata
Show full item recordAbstract
This study aims to determine the influence of cultural, social, personal,
and psychological factors as well as marketing stimulus factors consisting of
product factors, price, location, promotion and service toward student decisions in
choosing education at Pembangunan Pancabudi University Medan.
The number of samples used in this study were 100 people who are
students Economic and Business Faculty of Pembangunan Pancabudi University
Medan.. The sampling was done by resticted sample method. Data were collected
using questionnaire. Measurement of the variable used Likert scale with 5 (five)
scale. Before conducting data collection, the questionaire first tested the reliability
and validity by using 100 respondents. Validity test used product moment
correlation statistics and reliability test used Crononbach Alpha value. To find out
whether simultaneously free variable of culture, social, personal, psychological,
product, price, location, promotion and service toward students decision in
choosing education at Pembangunan Pancabudi University Medan used analysis
of Multiple Linear Regression. To test the hypothesis was used f test and to see
the contribution of each independent variable is partially used t test.
The significance value of F hypothesis testing was 0.000 compared to
the level of testing a = 0,05 means the significance value of F is less than the test
level. This shows the independent variables of culture, social, personal,
psychological, product, price, location, promotion, service influences students'
decision in choosing education at Pembangunan Pancabudi University Medan.
Coefficient of determination (R2) regression results for the first
hypothesis of R = 0516 means 51.6% can be explained by the decision factor of
students in choosing the Pembangunan Pancabudi University can be explained by
cultural, social, personal and psychological factors, while the rest 48.4% 100% -
51.6) was explained by other factors outside the model.
Coefficient of determination (R2) the regression result for the second
hypothesis was 0.364 that 36,4% of student decision factor in choosing university
can be explained by cultural, social, personal, and psychological factor while the
rest 63,6% (100% 36.4%) was explained by other factors outside the model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor
kebudayaan,sosial,pribadi dan psikologi serta faktor dari stimulus pemasaran yang
terdiri dari faktor produk,harga,lokasi,promosi dan pelayanan terhadap keputusan
mahasiswa dalam memilih pendidikan pada Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan.
Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100
orang yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan
Panca Budi Medan.Penarikan sample dilakukan dengan metode Restricted
Sample.Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.Pengukuran
variabelnya menggunakan skala Likert dengan 5 (lima)skala .Sebelum melakukan
pengumpulan data,terlebih dahulu kuesioner diuji reliabilitasnya dan validitas
dengan menggunakan 100 orang responden .Uji validitas menggunakan Statistik
Korelasi Product Momen dan uji reliabilitasnya menggunakan nilai Cronbach
Alpha.Untuk mengetahui apakah secara simultan variabel bebas kebudayaan,
sosial, pribadi, psikologi, produk, harga, lokasi, promosi pelayanan terhadap
keputusan mahasiswa dalam memilih pendidikan pada Universitas Pembangunan
Panca Budi Medan digunakan analisis Regresi Linier berganda.Untuk menguji
hipotesa digunakan uji-F dan untuk melihat kontribusi setiap variabel bebas secara
parsial digunakan uji-t.
Nilai signifikansi F pengujian hipotesis adalah sebesar 0,000 dibandingkan
dengan tingkat pengujian α = 0,05 berarti nilai signifikansi F lebih kecil daripada
tingkat pengujian.Ini menunjukkan secara bersama-sama varaiabel bebas
kebudayaan ,sosial,pribadi,psikologi,produk,harga,lokasi,promosi,pelayanan
berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih pendidikan pada
Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
Koefiien determinasi (R2 ) hasil regresi untuk hipotesis pertama sebesar R
= 0.516 berarti 51,6 % dapat dijelaskan oleh faktor keputusan mahasiswa memilih
Universitas Pembangunan Panca Budi dapat dijelaskan oleh fakto
kebudayaaan,sosial,pribadi dan psikologi,sedngkan sisanay 48,4 % ( 100 % - 51,6
%) dijelaskan oleh faktor lain yang diluar model.
Koefisien determinasi ( R2)hasil regresi untuk hipotesis kedua adalah
sebesar 0.364 menerangkan bahwa 36,4% faktor keputusan mahasiswa dalam
memilih Universitas Pembangunan Panca Budi dapat dijelaskan oleh faktor
kebudayaan,sosial,pribadi dan psikologi,sedangkan sisanya 63,6 % (100%-
36,4%)dijelaskan oleh faktor lain diluar model.