• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Management of Natural Resources and Environment)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Management of Natural Resources and Environment)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Pangsa Pasar Perusahaan Studi Kasus : Grand Swiss-Belhotel Medan

    View/Open
    Fulltext (2.445Mb)
    Date
    2012
    Author
    Purba, Johanes Wilfrid Pangihutan
    Advisor(s)
    Zen, Zahari
    Nazaruddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Grand Swiss-Belhotel Medan merupakan salah satu hotel bisnis berbintang lima yang berada di kota Medan, dimana sudah memulai melakukan kegiatan operasionalnya pada tanggal 23 September 2008 dengan jumlah kamar 242 di bawah manajemen Swiss-Belhotel International. Grand Swiss-Belhotel Medan selama tahun 2009-2010 menempati urutan kedua dari rata-rata pangsa pasar hotel berbintang lima di kota Medan sebesar 23.49% dari jumlah pasar yang ada. Tingkat hunian kamar peringkat pertama sebesar 71.25% di tahun 2012. Dalam situasi ini akan muncul pesaing-pesaing baru, persaingan yang terjadi diduga akan semakin meningkat, terutama dalam upaya mempertahankan, bersaing dan merebut pangsa pasar yang ada menjadi pemimpin pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan secara efektif untuk meningkatkan pangsa pasar Grand Swiss-Belhotel Medan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan pendekatan penelitian studi kasus yang didukung dengan kegiatan survei terhadap tamu Grand Swiss-Belhotel Medan yang berjumlah 100 orang dengan adalah dengan metode pengambilan sampel secara sederhana (simple random sampling method). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif dan alat analisis yang digunakan terdiri dari, tahap masukan dengan matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE), tahap pencocokan dengan matriks SWOT serta tahap keputusan dengan menggunakan matriks Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor promosi memiliki tingkat dominan yang kurang terhadap hunian kamar yaitu 2,68. Analisis faktor eksternal dan internal dengan menggunakan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE) menunjukkan bahwa pengaruh eksternal lebih besar dibanding dari faktor internal.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/21858
    Collections
    • Master Theses (Management of Natural Resources and Environment) [433]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV